KAI Daop 8 Masih Evakuasi 7 Gerbong Anjlok di Stasiun Kota Lama

Andika PratamaAndika Pratama - Kamis, 19 November 2020
KAI Daop 8 Masih Evakuasi 7 Gerbong Anjlok di Stasiun Kota Lama
Evakuasi gerbong kereta api yang anjlok di Stasiun Kota Lama, Malang, Kamis (19/11). Foto: MP/Ist

MerahPutih.com - PT KAI Daop 8 kini tengah mengevakuasi tujuh gerbong kereta api yang berjalan mundur tanpa lokomotif di Stasiun Kota Lama, Malang pada Rabu (18/11).

Di sisi lain, empat dari tujuh gerbing tersebut anjlok, bahkan menabrak ekskavator yang parkir di tepi jalan. Proses evakuasi kereta anjlok tengah berjalan dan kini tinggal dua kereta.

“Hari ini, Kamis, (19/11) jam 07:30 WIB, kami masih melakukan proses evakuasi. Dari empat gerbong, dua gerbong kereta sudah kami dievakuasi,” ujar Manager Humas KAI Daop 8, Suprapto.

Baca Juga:

Aksi Gila 2 Pemuda Menantang Maut di Rel Kereta, Ini yang Terjadi!

Untuk pengangkatan gerbong kereta ketiga hingga empat, PT KAI Daop 8 Surabaya menggunakan mesin Crane dari Solo, melibatkan 60 tenaga teknisi evakuasi sarana dan 20 personil tenaga tekhnisi jalan rel.

"Alhamdulillah insiden ini tak memakan korban jiwa. Untuk mencari penyebabnya, masih dalam proses penyelidikan, " tandas Suprapto.

penumpang kereta
Ilustrasi - Penumpang Kereta Api. (Merahputih.com/Rizki Fitrianto)

Selain itu, tidak ada perjalanan KA yang mengalami keterlambatan, seluruhnya masih beroperasi secara normal. Hal tersebut dikarenakan perjalanan KA lainnya masih dapat melintas di jalur 1 Stasiun Malang Kota Lama.

Sebelumnya, gerbong tanpa lokomotif berjalan mundur pada Rabu, (18/11) diduga pengait penghubung rangkaian kereta dengan lokomotif terlepas, sehingga tujuh gerbong kereta berjalan mundur.

Bahkan, saksi mata mengatakan, rangkaian kereta berhenti dan hingga menyebabkan anjlok, sebab ada jalur kereta api yang tengah renovasi.

"Berhubung rel jalur dua dalam perbaikan dan putus, gerbong kereta tersebut lepas dan anjlok dari rel. Namun, jika rel kereta itu menyambung, memungkinkan sekali jika gerbong itu terus berjalan tanpa arah. (Andika Eldon/Surabaya)

Baca Juga:

Penumpang Anjlok 90 Persen, Jarak Keberangkatan MRT Jadi 10 Menit

#PT KAI
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan