KAI Commuter Layani 21,5 Juta Orang pada November 2022

Andika PratamaAndika Pratama - Senin, 05 Desember 2022
KAI Commuter Layani 21,5 Juta Orang pada November 2022
Penumpang KRL Commuter Line di Stasiun Tangerang, Kota Tangerang, Sabtu (18/4/2020). (Foto: MP/Rizki Fitrianto)

MerahPutih.com - Kereta Rel Rangkaian Listrik (KRL) atau commuter line masih menjadi andalan warga Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) dalam beraktivitas sehari-hari.

PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) mencatat tren pengguna Commuterline Jabodetabek sepanjang November kemarin sebanyak 21.588.614 orang, dengan rata-rata pengguna setiap harinya sebanyak 719.620 orang.

Baca Juga

Stasiun BNI City Jadi Rute KRL, Ditargetkan Angkut 10 Ribu Penumpang Per Hari

"Angka tersebut naik 2 persen jika dibanding dengan rata-rata penguna pada Bulan Oktober 2022 yaitu sebanyak 703.446 orang per hari," kata VP Corporate Secretary, KAI Commuter, Anne Purba di Jakarta, Minggu (4/11).

Khusus pada hari libur nasional atau libur akhir pekan bulan November rata-rata volume pengguna sebanyak 587.541 orang. Tren tersebut juga naik sebanyak 2 persen jika dibanding volume rerata-rata pengguna pada hari libur akhir pekan Buan Oktober lalu.

Stasiun Bogor merupakan Stasiun dengan jumlah pengguna yang naik terbanyak, yaitu sebanyak 15.649 orang yang naik. Sementara itu, Stasiun Tanah Abang merupakan stasiun tujuan terbanyak dengan jumlah 21.275 orang yang menunju stasiun tersebut.

Baca Juga

Penumpang KRL Jabodetabek Segera Bisa Turun Naik di Stasiun Matraman

Dengan penambahan tren pengguna, KAI Commuter saat ini mengoperasikan perjalanan commuterline sebanyak 1.081 perjalanan mulai pukul 04.00 - 24.00 WIB tiap harinya.

Persebaran pengguna pukul 05.30-07.30 WIB, dan mulai pukul 16.00-18.00 WIB pada hari kerja. Sedangkan persebaran pengguna commuterline pada hari libur atau akhir pekan terfokus pada pukul 09.00-17.00 WIB.

KAI Commuter terus mengimbau agar pengguna selalu ikuti arahan petugas, memperhatikan petunjuk-petunjuk arah di stasiun, tertib dalam bercommuter dan selalu waspada. Mengingat masih dalam musim penghujan untuk wilayah Jabodetabek dengan intensitas sedang bahkan tinggi, KAI Commuter mengimbau pengguna untuk mempersiapkan diri menghadapi perubahan cuaca.

"Selalu siapkan payung, jaket, atau jas hujan saat pergi beraktivitas. Gunakan juga alas kaki yang tidak licin untuk keselamatan dan keamaan selama bercommuter," imbaunya.

Selalu merencanakan perjalanannya dengan cermat, gunakan aplikasi KRL Access untuk mendapatkan info kepadatan di stasiun, posisi kereta secara real time, dan jadwal perjalanan commuter line serta tetap patuhi protokol kesehatan selama bercommuter. (Asp)

Baca Juga

Penumpang KRL Jabodetabek Capai 17 Juta Lebih pada Juni

Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan