KAI Cirebon Kembali Operasikan Dua KA Tujuan Jakarta Penumpang KAI. (Foto: MP/Humas PT KAI Daop 3 Cirebon)

MerahPutih.com - PT KAI kembali mengoperasikan dua KA tujuan Jakarta mulai hari ini, Minggu (14/6). Dua KA tersebut ialah KA Bengawan dan KA Tegal Ekspres.

Manager Humas Daop 3 Cirebon Luqman Arif menjelaskan, PT KAI akan mulai mengoperasikan perjalanan KA jarak jauh reguler secara bertahap.

Baca Juga:

KAI Daop 6 Perpanjang Operasional Kereta Api Luar Biasa sampai 11 Juni

Sebelumnya, KA Ranggajati relasi Cirebon - Jember sudah lebih dulu dioperasikan pada 12 Juni kemarin.

“Mulai 14 Juni 2020 besok (hari ini), KAI akan kembali mengoperasikan dua KA reguler dengan tujuan Jakarta, yaitu KA Bengawan dengan relasi Purwosari Solo - Pasar Senen Jakarta dan KA Tegal Ekspres dengan relasi Tegal - Pasar Senen,” jelas Luqman, Minggu (13/6).

Jadwal keberangkatan untuk KA Bengawan tujuan Pasar Senen Jakarta berangkat dari Stasiun Cirebon Prujakan pukul 03.17 WIB dan untuk tujuan Purwosari Solo, berangkat dari Stasiun Cirebon Prujakan pukul 09.37 WIB.

 Penumpang KAI. (Foto: MP/Humas PT KAI Daop 3 Cirebon)
Penumpang KAI. (Foto: MP/Humas PT KAI Daop 3 Cirebon)

KA Tegal Ekspres tujuan Pasar Senen Jakarta, berangkat dari Stasiun Cirebon Prujakan pukul 16.02 WIB dan tujuan Tegal, berangkat dari Stasiun Cirebon Prujakan pukul 11.55 WIB.

Dengan dioperasikannya dua KA tersebut, itu berarti ada 6 KA jarak jauh yang beroperasi di wilayah Daop 3 Cirebon. Jumlah tersebut menurut Luqman baru 4 persen dari total perjalanan KA penumpang yang beroperasi di Daop 3 Cirebon.

"Dengan dua KA yang beroperasi besok, berarti total ada 6 KA jarak jauh yang sudah beroperasi diwilayah Daop 3 Cirebon. Itu baru 4 persen dari total 134 KA penumpang yang beroperasi," lanjutnya.

Baca Juga:

KAI Daops 6 Aktifkan KA Reguler Jarak Jauh dan KA Lokal Prameks Solo-Yogyakarta

Luqman juga menegaskan, khusus bagi calon penumpang yang akan bepergian dari dan menuju Jakarta, diharuskan memiliki surat izin keluar masuk (SIKM).

Selain itu, bagi para penumpang yang melakukan perjalanan menggunakan KA jarak jauh, para penumpang juga diharuskan mengenakan face shield yang disediakan oleh KAI selama dalam perjalanan hingga meninggalkan area stasiun tujuan.

“Bagi penumpang yang membawa anak berusia di bawah 3 tahun, maka wajib menyiapkan face shield secara pribadi,” pungkasnya. (Mauritz)

Baca Juga:

PT KAI Perpanjang Pengembalian 100 Persen Uang Tiket Kereta Api


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH