KAI Beri Layanan Kesehatan Gratis dengan Rail Clinic Rail Clinic di Stasiun KA Pasar Senen, Jakarta, Sabtu (12/12). (ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma)

MerahPutih.Com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 3 Cirebon memberikan pelayanan kesehatan gratis dengan kereta kesehatan Rail Clinic bagi masyarakat di sekitar Stasiun Babakan.

Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon Krisbiantoro menuturkan pelayanan kesehatan gratis yang akan dilaksanakan pada Kamis (16/11) mulai pukul 08.00-14.00 WIB di Stasiun Babakan ini merupakan bagian dari tanggung sosial kepada masyarakat.

"Pelayanan kesehatan gratis ini adalah bagian dari program corporate social responsibility (CSR)," kata Krisbiantoro, Selasa (14/11).

Menurut Krisbiantoro, pembuatan Rail Clinic dilatarbelakangi oleh semangat PT KAI untuk memberikan pelayanan lebih kepada masyarakat Indonesia khususnya dalam bidang kesehatan dengan memanfaatkan jalur kereta api sehingga dapat menembus jalur yang sulit dilalui oleh kendaraan bermotor.

Rail Clinic merupakan retrofit kereta rel diesel (KRD) yang dilengkapi dengan toilet ramah lingkungan.

"Rail Clinic merupakan kereta kesehatan yang pembuatannya dilatarbelakangi oleh semangat PT KAI untuk memberi pelayanan lebih kepada masyarakat Indonesia khususnya di bidang kesehatan," ucap Krisbiantoro.

Rangkaian Rail Clinic terdiri atas dua kereta yang masing-masing memiliki tata ruang dan jenis pelayanan kesehatan yang berbeda.

Secara umum, fasilitas pelayanan kesehatan yang akan diberikan di dalam Rail Clinic adalah jenis pelayanan kesehatan primer atau pelayanan tingkat tertama meliputi pemeriksaan umum, gigi, KIA, pemeriksaan kesehatan mata, dan penyuluhan kesehatan.

Adapun sasaran dari pemberian pelayanan kesehatan gratis Rail Climic PT KAI ini yakni sebanyak 300 orang warga Babakan dan sekitarnya. Selain itu, PT KAI juga memberikan alat bantu penglihatan (kacamata gratis) untuk 200 siswa dan guru dari SD di UPT Pendidikan Babakan dan sekitarnya.

Dalam kegiatan bakti sosial pemeriksaan dan pengobatan gratis dengan Rail Clinic, PT KAI menyiapkan tim kesehatan yang terdiri dari 5 dokter umum, 2 dokter gigi, 1 dokter spesialis Kandungan, 1 bidan, 2 apoteker, dan 10 paramedis untuk memberikan pelayanan kesehatan.

Dengan pelaksanaan kegiatan ini diharapkan kepada masyarakat semakin mencintai kereta api, serta dapat lebih perduli terhadap keselamatan dan keamanan perjalanan kereta api.

"Kita berharap dengan pemberian pelayanan kesehatan gratis Rail Clinic ini, masyarakat lebih mencintai dan menjaga keamanan perjalan kereta api," harap Krisbiantoro. (*)

Berita ini merupakan laporan dari Mauritz, kontributor merahputih.com untuk wilayah Cirebon dan sekitarnya. Baca juga berita lainnya dalam artikel: Rayakan Hari Pahlawan, Veteran Gratis Naik Kereta


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH