KAI Amankan Barang Pemudik yang Tertinggal, Mulai dari Laptop hingga Perhiasan

Mula AkmalMula Akmal - Kamis, 28 April 2022
KAI Amankan Barang Pemudik yang Tertinggal, Mulai dari Laptop hingga Perhiasan
Suasana Stasiun Pasar Senen pada H-5 Lebaran, Rabu (27/4/2022). ANTARA/Shofi Ayudiana

MerahPutih.com - Terjadi peningkatan penumpang Kereta Api (KA) pada momen Lebaran Idul Fitri. Tingginya volume masa angkutan mudik ini, berdampak pada meningkatnya jumlah data barang yang tertinggal.

PT Kereta Api Indonesia (KAI) pun langsung bergerak cepat dengan mengamankan barang bawaan pemudik yang tertinggal.

Baca Juga:

Tiket Kereta Api Lebaran Hari Ini Ludes Terjual

Pada periode angkutan lebaran 22 April hingga kini, tercatat sebanyak 35 barang tertinggal berhasil diamankan petugas yang telah di masukan pada database sistem Lost and Found. Dari jumlah tersebut, 16 diantaranya sudah kembali ke pemilik.

"Barang tertinggal yang ditemukan tak jarang merupakan jenis barang berharga seperti Laptop, HP, Perhiasan, Koper/Tas, Jam Tangan dan Dompe," kata Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa kepada MerahPutih.com, Kamis (28/4).

Seluruh barang bawaan merupakan tanggung jawab penumpang, namun untuk memberikan layanan maksimal petugas keamanan akan selalu berupaya membantu mengamankan barang tertinggal yang masih ada di atas KA atau Stasiun.

Bagi para pelanggan yang merasa kehilangan atau tertinggal barang di dalam KA atau di lingkungan stasiun, dapat melaporkan kepada petugas antara lain Kondektur yang sedang berdinas di atas KA, ataupun petugas pengamanan Polisi Khusus Kereta Api (Polsuska) yang ada di stasiun atau dapat melalui Contact Center KAI 121.

Petugas pengamanan stasiun selalu melakukan pemeriksaan secara berkala di area-area ruang tunggu dan di atas KA, terlebih pada saat KA tiba di stasiun tujuan akhir, petugas akan melakukan pengecekan disetiap rangkaian untuk memastikan tidak ada barang bawaan penumpang yang tertinggal.

Apabila ada laporan dari pelanggan mengenai barang bawaan tertinggal, petugas KAI akan melakukan koordinasi dan pencarian, jika dapat ditemukan saat itu juga maka langsung diserahkan kembali kepada pelapor.

Jika barang belum bisa ditemukan, akan dilakukan konfirmasi melalui telepon kepada pelapor terkait perkembangan penanganannya, jika diketemukan maka untuk proses penyerahan pelanggan wajib menunjukkan kartu identitas dan proses verifikasi kepemilikan barang.

Suasana Stasiun Pasarsenen pada periode Angkutan Lebaran 2022. (PT KAI)
Suasana Stasiun Pasarsenen pada periode Angkutan Lebaran 2022. (PT KAI)

Dalam hal penemuan barang di dalam KA ataupun di lingkungan stasiun, KAI akan langsung memberikan pengumuman atas penemuan barang tersebut melalui pengeras suara.

Jika tidak ada pihak yang mengambil maka barang akan disimpan di Pos Pengamanan stasiun dan akan dimasukan pada database Lost and Found yang dimiliki oleh KAI.

Hal ini bertujuan untuk mempermudah dalam melacak barang hilang sesuai dengan ciri maupun spesifikasi barang yang telah dilaporkan oleh pelanggan maupun calon pelanggan KA.

"Database ini dapat diakses oleh seluruh wilayah kerja KAI, sehingga pelapor yang merasa kehilangan barang dapat melaporkan barang tersebut di seluruh stasiun," paparnya.

Daop 1 Jakarta menghimbau kepada para pelanggan KA untuk selalu memperhatikan barang bawaan ketika melakukan perjalanan, baik di lingkungan stasiun maupun selama dalam perjalanan KA. Sebagai antisipasi penumpang juga sebaiknya tidak membawa barang bawaan berlebih.

Tercatat untuk jadwal keberangkatan 22 April s.d 1 Mei 2022 terdapat sekitar 320 ribu tiket yang sudah terjual dengan tanggal keberangkatan favorit 27, 28, 29, 30 April dan 1 Mei 2022. (Asp)

Baca Juga:

Penumpang Kereta Api H-5 Lebaran Capai 91 Ribu Lebih

#PT KAI #Mudik #Mudik Lebaran
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan