Kafetaria di Korea: Dari Harga hingga Pelayanan

Zulfikar SyZulfikar Sy - Sabtu, 08 September 2018
Kafetaria di Korea: Dari Harga hingga Pelayanan
Ilustrasi. (Foto: Pixabay/large-kitchen)

KAFETARIA atau restoran yang biasanya sistem swalayan memang tempat favorit untuk makan dan nongkrong. Kafetaria dengan pengunjung yang ramai membuat suasana makan jadi lebih asyik.

Kafetaria biasanya ada di ada kampus atau di perkantoran. Nah, bagaimana dengan kafetaria di Korea?

Sistem kafetaria di negara yang kulinernya cukup terkenal ini berbeda dengan di Indonesia. Penasaran? Berikut Merahputih.com bahas kafetaria yang ada di Korea, dikutip dari iStyle.

1. Harga

Kafetaria. (Foto: Pixabay/BarnImages)
Kafetaria menyajikan makanan prasmanan. (Foto: Pixabay/BarnImages)

Harga di restoran sekitar daerah kampus biasanya sekitar 5.000-6.000 won (Rp 66.400 - Rp 79.700) dan daerah perkantoran sekitar 6.000-8.000 won.

Bagaimana dengan harga di kafetaria? Kafetaria di kampus biasanya mematok harga 3.500-4.000 won atau Rp 40 ribu – Rp 50 ribu.

Sementara itu, di daerah perkantoran berkisar 5.000 won atau Rp 60 ribu rupiah. Lebih murah 1.000 won daripada restoran biasa.

Sistem pembelian makanan di kafetaria Korea bersifat self service. Menu telah disediakan dari pihak kafetaria dan dihidangkan terbuka.

Tamu bisa langsung mengambil makanan yang diinginkan sesuai kapasitas yang diinginkan. Bisa dibilang dihidangkan secara bebas.


2. Makanan

Makanan Korea. (Foto: Pixabay/Bokja)
Kafetaria Korea menyediakan 6-8 macam sajian. (Foto: Pixabay/Bokja)

Menu di kafetaria Korea berbeda-beda setiap harinya. Biasanya jumlah sayur dan lauknya sekitar 6 sampai 8 macam dan sudah termasuk semangkuk sup. Walaupun di kafetaria, menu makanan dan kandungan gizi sudah diperhitungkan sesuai kebutuhan.

Makanan yang disediakan di kafetaria juga dijamin sehat. Selain itu, juga tersedia minuman seperti soda, teh manis, jus, dan jenis minuman lainnya.


3. Jam Operasional

Kafetaria. (Foto: Pixabay/MikeGodwin)
Kafetaria di Korea hanya buka di jam makan. (Foto: Pixabay/MikeGodwin)

Jam operasional kafetaria cukup unik. Tempat makan ini hanya beroperasi di saat jam makan pagi, siang, dan malam. Ada juga yang hanya beroperasi di jam makan siang ataupun makan malam.

Untuk jam operasional breakfast biasanya pada pukul 06.00 – 08.00. Sementara itu, kafetaria di dalam kampus hanya buka di pagi hari. (*)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Tak Hanya Pingo Bag, Ini Empat Tas yang Trending di Korea

#Kuliner Korea
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan