Kado Anies Untuk Warganya di HUT Jakarta ke-492

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Sabtu, 22 Juni 2019
Kado Anies Untuk Warganya di HUT Jakarta ke-492
Bus Transjakarta Pulo Gadung -JIExpo Kemayoran (ANTARA/ Nanien Yuniar)

Merahputih.com - Transjakarta pada hari Sabtu (23/6) akan menggratiskan seluruh layanannya mulai pukul 05.00 WIB hingga 24.00 WIB. Layanan itu bertepatan dengan perayaan Hari Ulang Tahun DKI Jakarta ke-492.

Keputusan ini sesuai Surat Keputusan Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta tentang Penugasan untuk Penyediaan Layanan Transjakarta Gratis Dalam Rangka Kegiatan Hari Ulang Tahun Jakarta ke 492.

Layanan Gratis Transjakarta adalah hadiah dari Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan untuk warga Jakarta dalam HUT DKI Jakarta ke 492.

BACA JUGA: Ramaikan HUT Jakarta ke-492, Pemprov DKI Gelar Kembali Jakarnaval

Direktur Utama Transjakarta Agung Wicaksono mengajak seluruh masyarakat menggunakan layanan transportasi publik khususnya Transjakarta guna mengikuti seluruh rangkaian acara dalam rangka Hari Ulang Tahun DKI Jakarta ke 492.

Dengan 201 rute dan 2.500 unit kendaraan yang dimiliki Transjakarta maka seluruh wilayah sudah dijangkau. Menggunakan transportasi publik lebih aman, nyaman dan mudah.

Di Hari Ulang Tahun DKI Jakarta ke 492, Transjakarta juga sudah melayani 72 persen total populasi di DKI Jakarta dengan luas 429,96 kilometer.

Angka ini meningkat dibandingkan tahun 2018 di 67 persen dengan luas 438, 8 kilometer dan 2017 pada 62 persen sepanjang 394,6 kilometer. "Per 1 Mei, 7 dari 10 penduduk DKI Jakarta telah memiliki akses ke Transjakarta," kata Agung.

Bus Transjakarta
Bus TransJakarta. (Foto: transjakarta.co.id)

Ia mengatakan pencapaian ini merupakan prestasi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bertepatan dengan HUT DKI Jakarta yang dirayakan setiap tanggal 22 Juni.

Peningkatan ini didukung dengan agresifnya pembukaan rute Transjakarta untuk menjangkau masyarakat di setiap wilayah. Per Mei 2019 sudah dilayani 210 rute, naik dibandingkan realisasi tahun sebelumnya 160, diikuti dengan penambahan bus yang beroperasi.

BACA JUGA: Malam Puncak HUT Jakarta ke-492, Pemprov DKI Bakal Rekayasa Lalin

Selain itu, perluasan jangkauan layanan ke perumahan dan rusun dengan program JakLingko sebanyak 24 rute. "Kemudian penambahan rute integrasi antarmoda transportasi seperti MRT, LRT dan KRL," kata Agung.

Selanjutnya, sebagaimana dikutip Antara, rute BRT Transjakarta juga ditambah yang turut berkontribusi dalam meningkatkan jangkauan Transjakarta kepada publik.

Seluruh pengembangan tersebut yang dilakukan Transjakarta berkontribusi pada turunnya angka kemacetan di DKI Jakarta sesuai survei TomTom Index. Data dari penelitian menyebutkan tingkat kemacetan di Jakarta menurun delapan persen pada 2018 dibandingkan 2017. (*)

#Bus Transjakarta #DKI Jakarta
Bagikan
Bagikan