Kadinkes DKI dan Anies Beda Pendapat soal Isolasi Mandiri di Rumah Bagi Pasien Corona Ilustrasi isolasi mandiri. Foto: Pixabay

MerahPutih.com - Pemprov DKI Jakarta plin plan dalam menerapkan kebijakan isolasi mandiri bagi pasien COVID-19 berkategori ringan dan tanpa gejala yang karantina di rumah.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan melarang orang yang terpapa corona beskala ringan dan tanpa gejala isolasi di rumah, tapi kali ini diizinkan.

Hanya saja, Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti mengatakan, ada sejumlah hal yang perlu dilakukan sebelum pasien diizinkan isolasi mandiri di rumah.

Baca Juga

Pemprov DKI Cari Lahan Baru untuk Pemakaman Jenazah COVID-19

Lanjutnya, pasien harus koordinasi dengan Puskesmas sesuai domisili sebelum isolasi mandiri di rumah. Nantinya pihak Puskesmas akan melihat apakah kondisi kediaman pasien memungkinkan dijadikan tempat isolasi mandiri atau tidak.

"Tentu dengan pengawasan tim dari kita. Jadi pengawasan tim kita, gugus RW setempat, dan puskesmas setempat sesuai dengan domisili warga kita tadi," kata Widyastuti dalam Youtube kanal BNPB Indonesia, pada Jumat (25/9).

Pemandangan Ruang Instalasi Gawat Darurat di sebuah rumah sakit di DKI Jakarta, Kamis (17/9/2020). (Humas Kemenkes)
Pemandangan Ruang Instalasi Gawat Darurat di sebuah rumah sakit di DKI Jakarta, Kamis (17/9/2020). (Humas Kemenkes)

Kemudian kriteria yang harus dipenuhi agar pasien COVID-19 bisa isolasi mandiri di rumah. Pertama, rumah harus memiliki sirkulasi udara dan pencahayaan yang baik. Berikutnya setiap anggota keluarga tidak boleh menggunakan alat makan dan mandi yang sama.

"Alat mandi (dan) alat makan yang terpisah dibandingkan anggota keluarga yang lain. Di dalam rumah tetap pakai masker karena kan kalau keluar kamar ketemu dengan anggota keluarga yang lain," jelasnya.

Pasien yang melakukan isolasi mandiri di rumah tetap mendapat pendampingan dari tim Puskesmas dan Gugus RW setempat. Hanya saja, ucap Widyastuti mereka tidak akan selalu hadir.

Baca Juga

Perpanjang PSBB, Pemprov DKI Klaim Dapat Dukungan Penuh Pusat

"Tetapi konsultasi yang disiapkan oleh teman-teman puskesmas dan juga dukungan dari gugus RW setempat untuk menjaga warganya bisa melakukan isolasi mandiri dengan sukses," tutup Widyastuti. (Asp)

Kredit : asropihs

Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH