Kadin: Pemerintah Panik dan Lamban Sediakan Stok Daging

Eddy FloEddy Flo - Selasa, 14 Juni 2016
Kadin: Pemerintah Panik dan Lamban Sediakan Stok Daging
Anton J Supit bersama para pengurus Kadin saat melakukan kunjungan memantau perkembangan harga (Foto: MP/Yohanes Abi)

MerahPutih Keuangan - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menilai pemerintah sangat lamban dalam mempersiapkan pasokan daging ayam dari jauh-jauh hari.

Menurut Kadin perlu disediakan stok kebutuhan pokok agar dapat mengatasi melonjaknya kebutuhan pokok menjelang hari raya Idul Fitri.

Wakil Ketua Kadin Anton J Supit mengatakan Kadin akan mempersiapkan semua kebutuhan daging di sejumlah daerah yang mengalami kekurangan suplai daging. Hal ini akan dilakukan Kadin daerah pada enam bulan kedepan menjelang Idul Fitri.

"Karena ironisnya, sebagai produsen kita paling tidak mempersiapkan 15-20% ekstra produksi, karena ada kebutuhan lebaran. Tapi selalu naik begini, memang ada masalah logistik," ujar Anton saat ditemui pada kunjungan Kadin ke Thamrin City, Jakarta Pusat, Selasa (14/6).

Menurut Anton, pemerintah terlalu panik dalam mempersiapkan kebutuhan daging enam bulan sebelumnya. Jika mereka tidak panik maka kenaikan harga tidak akan pernah terjadi.

"Jadi pemerintah juga perlu melakukan perencanaan yang matang. Kalau kurang dan musti impor perlu dilakukan cepat, jangan saat dibutuhkan hari ini baru impor. Ya pasti bikin panik. Kedua, jangan juga selalu menyalahkan pengusaha seakan mafia dan lain-lain. Ini mustinya pekerjaan rumah (PR) kita bersama yang harus dibenahi. Kita bisa lihat sendiri, harga disini (Hypermart) baik lebaran atau tidak lebaran pun sama," ungkapnya.(Abi)

BACA JUGA:

  1. Kadin Siap Bantu Pemerintah dengan Sistem Distribusi Berbasis Online
  2. Jelang Lebaran, Permintaan Makanan dan Minuman Kemasan Meningkat Drastis
  3. Pengusaha Makanan dan Minuman Naikan Harga Jika Dolar Tembus Rp15.000
  4. Pabrik Makanan dan Minuman Pangkas Jam Kerja Karyawan
  5. Produk Makanan dan Minuman Berbahan Impor Terimbas Pelemahan Rupiah
#Mafia Daging #Harga Daging Sapi #Anton J Supit #Kadin
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan