Kadin Minta Pembangunan Infrastruktruktur Kawasan Indonesia Timur Dipercepat

Andika PratamaAndika Pratama - Rabu, 18 Oktober 2017
Kadin Minta Pembangunan Infrastruktruktur Kawasan Indonesia Timur Dipercepat
Wakil Ketua Umum Kadin Kawasan Timur Indonesia H.Andi Rukman Karumpa. Foto: Kadin

MerahPutih.com - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) mengapresiasi perhatian pemerintahan Jokowi-JK untuk Kawasan Timur Indonesia (KTI) selama tiga tahun memerintah. Kadin menilai, kebijakan pembangunan infrastruktur Jokowi-JK sudah dijalur yang tepat dan tereksekusi dengan cukup baik. Hanya saja, Kadin meminta agar Jokowi-JK ritme pembangunan tersebut tidak mengendor diterpa oleh berbagai isu ketersediaan anggaran melalui utang.

"Kita berharap jangan mengendor. Silakan Pak Jokowi tancap gas lagi di dua tahun terakhir! Pembangunan infrastruktur KTI sudah jauh ketinggalan. Tiongkok dan negara-negara Indo China lainnya sedang melaju kencang membangun infrastruktur. Bahkan Tiongkok, dalam banyak hal sudah melampaui Amerika Serikat, kita disini masih ribut soal politik yang tak ada ujung pangkalnya," ujar Wakil Ketua Umum Kadin Kawasan Timur Indonesia H.Andi Rukman Karumpa dalam rilisnya yang diterima di Jakarta, Rabu (18/10).

Pernyataan Andi terkait evaluasi Tiga Tahun Pemerintahan Jokowi-JK. Sebab itu, ia berharap agar semua pihak menjaga kondusifitas dan stabilitas politik dalam dua tahun terakhir pemerintahan Jokowi-JK agar pemerintah bekerja lebih tenang.

Dia mengatakan, kebijakan satu harga bensin di Papua telah mendorong efisiensi dan daya beli masyarakat dan mendorong pertumbuhan ekonomi Papua lebih tinggi ke depan.Selain itu, pemerintah menetapkan proyek prioritas infrastruktur nasional sebanyak 13 proyek dengan nilai proyek sebesar Rp 444 triliun. Nilai proyek tersebut merupakan yang tertinggi dalam sejarah Papua dan daerah lain.

"Kita harapkan pembangunan ini dapat mengatasi ketimpangan Jawa dan luar Jawa ke depan,” papar Andi.

Tetapi, Andi meminta agar pembangunan infrastruktur perhubungan secara besar-besaran ini, diikuti oleh kebijakan dan pembangkit listrik secara massif juga untuk menarik investasi.

"Dengan dibangunnya infrastruktur perhubungan kan akan terjadi kontektifitas. Tapi listriknya harus cepat dibangun supaya ada industri masuk. Listrik jangan hanya untuk konsumsi, tapi juga untuk industri," sambungnya.

Andi mengatakan, selain Papua, infrastruktur Sulawesi juga mengalami banyak kemajuan sehingga daerah ini dapat tumbuh rata-rata 6,52 persen pada semester 1-2017, disusul Kalimantan dan Bali, Nusa Tenggara.

Menurutnya, pemerintahan Jokowi-JK telah meletakan pondasi pembangunan infrastruktur di KTI pada tahun pertama, kemudian disusul upaya pemerataan dengan mendorong realisasi tol laut dan kebijakan satu harga Bahan Bakar Minyak.

Di sektor perhubungan, pemerintah pusat juga telah merampungkan dan meresmikan sejumlah bandara di Papua dan Sulawesi, mempercepat pengembangan jalan trans Papua, pembukaan lahan sawah baru di Sulawesi dan Kalimantan, percepatan pembangunan rel kereta api Sulawesi, serta peresmian sejumlah pembangkit listrik.

Meski demikian, dia memperkirakan Sulawesi dan Kalimantan masih akan menjadi motor penggerak utama pertumbuhan ekonomi di KTI. Pasalnya kedua wilayah itu masih menjadi daerah dengan pertumbuhan di atas rata-rata nasional. (*)

#Kadin #Kawasan Timur Indonesia #Pemerintahan Jokowi-JK
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan