Film

Main di ‘Kadet 1947’, para Aktor Belajar Nilai Baru

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Selasa, 23 November 2021
Main di ‘Kadet 1947’, para Aktor Belajar Nilai Baru
Beberapa pemain Kadet 1947. (Foto: merahputih.com/Andreas Pranatalta)

KADET 1947 menjadi salah satu film yang menampilkan sejarah Indonesia melawan Belanda pada 1947. Para pemain film ini mengungkap mereka mendapat pengalaman dan nilai tersendiri setelah memerankan para tokoh di film ini.

Kadet 1947 menceritakan serangan udara yang dilakukan para kadet (calon siswa TNI Angkatan Udara) ke markas tentara Belanda di Semarang, Ambarawa, dan Salatiga. Mereka adalah Mulyono (Kevin Julio), Sutardjo Sigit (Bisma Karisma), Suharnoko Harbani (Omara Esteghlal), dan Bambang Saptoadji (Marthino Lio).

“Saya jadi makin menghargai bapak saya yang kebetulan juga pernah di angkatan udara. Segitu besar pengorbanannya. Jiwa nasionalisme saya juga semakin tumbuh. Bahkan waktu 17 Agustus lalu, saya mengadakan upacara bersama keluarga di rumah. Mudah-mudahan Kadet 1947 ini bisa membantu kita makin mencintai Indonesia,” kata Bisma.

Baca juga:

Peluncuran Film KADET 1947 Ditunda Akibat Pandemi COVID-19

kadet 1947
Ibnu Jamil memerankan tokoh Halim Perdanakusuma. (Foto: merahputih.com/Andreas Pranatalta)


Di lain hal, Kevin mengaku, selesai syuting film ini, mereka tetap kompak dan bahkan sempat menangis saat hari terakhir syuting. “Dampaknya besar sekali untuk saya. Saya bisa mendapatkan pengamalan yang banyak dan baru terutama dari teman-teman aktor. Mereka selalu memberikan energi yang baik banget buat aku. Kita disini tidak lagi sendiri tapi bersama-sama, sampai sekarang masih kompak banget,” kata Kevin.

Kadet lainnya, Marthino Lio, mengaku merasa mendapat keluarga yang baru dan bersyukur bisa berada di proyek ini.
“Saya merasa aman bersama mereka,” katanya.

Baca juga:

‘Kadet 1947’, Gambaran Perjuangan Anak Muda Melawan Belanda di 1947

‘Kadet 1947’ Punya Kesan Tersendiri Bagi Para Pemain
Bisma sebagai Sigit di film Kadet 1947. (Foto: merahputih.com/Andreas Pranatalta)

Givina Lukita yang menjadi satu-satunya perempuan di film merasa tetap senang karena banyak dukungan dari para aktor senior.

“Mereka dukung aku banget dan orangnya asyik-asyik jadi enggak canggung walaupun satu-satunya perempuan. Film ini juga mengangkat pahlawan-pahlawan yang namanya kurang dikenal, dan yang paling penting bisa menumbuhkan jiwa nasionalisme kita,” ungkapnya.

Chicco Kurniawan yang memenangi Pemeran Utama Pria Terbaik Festival Film Indonesia 2021 merasa film ini menjadi tantangan baru baginya.

“Gara-gara film ini, saya jadi makin melek sejarah Indonesia. Kalau dulu, ya udah hanya sekadar saja,” kata Chicco.
Senada dengan Chicco, memerankan tokoh besar seperti Halim Perdanakusuma, membuat Ibnu Jamil berharap masyarakat Indonesia semakin mengenal pahlawan-pahlawan nasional kita.

“Saya tidak ingin pahlawan yang dikenal cuma Avengers dan Eternals, tapi yang ada di Kadet 1947 juga,” kata Ibnu.

Kamu bisa menyaksikan Kadet 1947 di bioskop mulai 25 November 2021. Khusus bagi pelajar dan mahasiswa, film Kadet 1947 menggelar program nobar gratis di 11 kota, termasuk Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Makassar pada 25-28 November. (and)

Baca juga:

Rilis Poster, 'Kadet 1947' Tampilkan Para Pejuang Muda

#Film #Selebritas
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan