Kader PMII Berwirausaha Dapat Menguatkan Perekonomian

Yohannes AbimanyuYohannes Abimanyu - Sabtu, 03 Juni 2017
Kader PMII Berwirausaha Dapat Menguatkan Perekonomian
Menaker Hanif Dhakiri berpidato saat acara peringatan hari lahir Al-Khairiyah ke 92 dan khaul KH Sya'um serta KH Wasyid di Cilegon, Banten, Selasa (23/5). (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Menteri Ketenagakerjaan Muhammad Hanif Dhakiri mengatakan bahwa jika kader Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) banyak berwirausaha maka perekonomian nasional akan semakin kuat.

"Seperti yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo harapan kader PMII tidak hanya menjadi politisi melainkan berwirausaha dan memiliki jiwa 'entrepreneur' sangat benar sesuai perkembangan zaman saat sekarang," katanya usai melantik dan mengukuhkan Pengurus Cabang Ikatan Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (IKA PMII) di Pendopo Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Sabtu (3/6).

Ia menjelaskan, sudah saatnya kader-kader PMII mulai masuk dari berbagai lini sehingga dapat berkontribusi secara optimal dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dengan semakin banyaknya kader PMII berwirausaha dan memiliki jiwa "entrepreneur", menurut dia, selain dapat menguatkan perekonomian secara keseluruhan juga dapat meningkatkan perekonomian terhadap kader.

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Cabang IKA PMII Situbondo Arifin mengatakan bahwa akan mendorong kader PMII melakukan penguatan terutama sektor ekonomi.

"Kalau sejak dulu kami mencontohkan kader bagaimana pergerakan atau menjadi politisi dan sudah saatnya sekarang ke depan kami harus mengubah pola pikir (mindset) kader PMII menjadi wirausahawan," ujarnya.

IKA PMII di Situbondo akan mulai melakukan langkah dengan rencana membentuk badan usaha ekonomi seperti pengumpulan modal dan kemudian melakukan pembimbingan terhadap kadernya yang memiliki kreasi untuk berwirausaha.

"Termasuk juga ketika ada peluang kerja sama dengan pemerintah daerah dan juga kerja sama dengan NU," katanya.

Ketua IV IKA PMII Situbondo Hadi Priyanto mengemukakan, langkah utama untuk terhadap kader ataupun alumni PMII adalah meningkatkan SDM dengan melakukan pelatihan keterampilan yang harus dimiliki.

"Khusus pelatihan keterampilan 'entrepreneur' segala bidang mulai bulan ini sudah kami lakukan dengan mengutus alumni-alumni untuk berlatih di Balai Latihan Kerja (BLK) dan juga yang lainnya," tuturnya.

Sumber: ANTARA

#Kongres PMII Ke-19
Bagikan
Ditulis Oleh

Yohannes Abimanyu

Wonderful Indonesia, Pesona Indonesia dan pesona gw adalah satu
Bagikan