Kader PDIP Polisikan Rocky Gerung, Pengamat: Rusak Citra Jokowi Pengamat politik Rocky Gerung (MP/Ponco Sulaksono)

MerahPutih.com - Pengamat politik Universitas Telkom Bandung Dedi Kurnia Syah menilai upaya kader PDI Perjuangan yang melaporkan Rocky Gerung ke polisi justru berdampak buruk pada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menurut Dedi, pernyataan Rocky yang menyebut Presiden Jokowi tak paham Pancasila sudah disertai dengan argumentasi yang kokoh.

Baca Juga:

Polda Metro Jawab Kapan Giliran Rocky Gerung Tersangka

"Hemat saya tidak ada yang salah dengan statemen Rocky Gerung, terlebih statement itu memiliki penjelasan sehingga tafsir atas statemen tidak lagi bebas, dan rasanya tidak ada unsur hinaan di sana," kata Dedi kepada wartawan, Rabu (11/12).

Rocky Gerung sebut ide presiden tiga periode itu dungu
Pengamat politik Rocky Gerung (Dok. IG/@rocky.gerung/FT02)

Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion ini menyarankan PDI Perjuangan sebaiknya tidak responsif terhadap kritik. Dia juga mensyukuri aparat kepolisian telah menolak laporan yang diajukan oleh politikus PDIP Henry Yosodiningrat.

"Karena akan menimbulkan preseden buruk jika statemen mudah dipolisikan," ujarnya.

Dedi menegaskan, dalam alam demokrasi, kritik terhadap penguasa adalah hal biasa. Karena itu, lanjut Dedi, kritik terhadap Jokowi tidak perlu disikapi dengan berlebihan.

"Sebab akan berdampak buruk pada citra Jokowi sendiri, baik sebagai personal maupun presiden. Jika sering berkonfrontasi dengan pengkritik, bisa saja publik jenuh dengan PDIP," pungkas Dedi. (Pon)

Kredit : ponco

Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH