Kacang, Makanan Ampuh Penghalau Obesitas

Rina GarminaRina Garmina - Selasa, 26 September 2017
Kacang, Makanan Ampuh Penghalau Obesitas
Kacang dapat menghalau obesitas. (Foto: Pixabay)

OBESITAS bukan fenomena baru. Anda disebut obesitas kala bobot tubuh mencapai minimal 15% lebih berat badan ideal. Kelebihan berat badan ini patut diwaspadai lantaran dapat menimbulkan efek buruk. Mulai dari depresi, gangguan otak, jantung, hipertensi, hingga stroke.

Banyak riset yang menemukan bahan makanan penghalau obesitas. Studi terbaru dilakukan Direktur Loma Linda University di California, Joan Sabate. Lewat riset tersebut, Sabate dan tim peneliti menemukan bahwa responden yang rutin mengonsumsi kacang-kacangan memiliki risiko obesitas yang lebih rendah.

Hasil survei ini membantah anggapan orang selama ini yang mengira kacang sebagai makanan padat lemak sehingga bukan menu ideal bagi individu yang ingin menurunkan berat badan. "Studi ini menegaskan kacang buklan makanan obesogenik," paparnya dalam makalah yang diterbitkan European Journal of Nutrition.

Sebagaimana dikutip dari Indian Express, kacang merupakan sumber energi, lemak, protein, vitamin, mineral dan kaya phytochemicals. Kacang juga akan meningkatkan fungsi otak, khususnya pada orang tua.

"Makanlah kacang saat makan, sebagai pengganti produk hewani," ungkap Sabate.

Survei dilakukan terhadap 373 ribu responden berusia 25 hingga 70 tahun yang tinggal di 10 negara di Eropa. (*)

Bila anak Anda yang berusia delapan tahun mengalami obesitas, cek segera kesehatannya. Karena, bisa saja ia menderita penyakit jantung. Informasi lebih detail dapat Anda baca pada artikel Obesitas Di Usia 8 Tahun? Waspada Penyakit Jantung!

#Kacang-kacangan #Obesitas #Tips Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Rina Garmina

Cooking Mama :)
Bagikan