Kacamata AR/VR Apple Butuh AirPods untuk Sistem Audio

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Jumat, 06 Januari 2023
Kacamata AR/VR Apple Butuh AirPods untuk Sistem Audio
Apple gunakan chip H2 di kacamata VR-nya. (Foto: Unsplash/Sumudu Mohottige)

KABAR mengenai detail teknis terbaru tentang kacamata VR/AR dari Apple akhirnya datang. Kabar ini pertama kali dilaporkan The Information, Selasa (3/1). Perangkat ini diharapkan untuk membuat debut publiknya di 2023.

Satu informasi menarik adalah chip H2 yang terdapat dalam AirPods Pro generasi terbaru, ternyata mendukung mode latensi rendah. Serta dirancang untuk bekerja dengan chip H2 yang terdapat di di dalam kacamata AR/VR itu.

Meskipun kacamata memiliki speaker yang terintegrasi, The Information mengatakan Apple mungkin memerlukan AirPods Pro untuk digunakan saat berkomunikasi dengan orang lain saat menggunakan kacamata VR.

Baca juga:

Apple Mungkin Rilis Laptop dan Komputer Baru di Maret

Kacamata AR/VR Apple Butuh AirPods untuk Sistem Audio
Kaca mata VR Apple hanya dapat terhubung dengan AirPods Pro. (Foto: 9to5mac)

Pengeras suara yang terdapat dalam kacamata VR itu akan mengsailkan audio secara terbuka, sehingga dapat didengar oleh orang di sekitar. Oleh karena itu, untuk alasan privasi, AirPod mungkin diperlukan saat melakukan komunikasi dengan orang lain.

Kabarnya hanya AirPods dengan chip H2 yang dapat terhubung dengan kacamata AR/VR Apple. Artinya headset nirkabel lainnya tidak dapat digunakan. Namun, kabarnya ada dorongan agar Apple menciptakan sistem lain agar AirPods tanpa chip H2 dapat terhubung dengan kacamata tersebut.

The Information membagikan spesifikasi teknologi yang digunakan dalam perangkat tersebut, termasuk layar micro-LED 4K untuk setiap mata, layar yang menghadap ke luar akan menunjukkan ekspresi wajah penggunanya, selusin kamera, dan sensor lainnya yang semuanya itu digerakkan oleh chip M2.

Baca juga:

iPhone 15 akan Dibekali Kamera 48 MP

Kacamata AR/VR Apple Butuh AirPods untuk Sistem Audio
Apple diminta untuk ciptakan sistem agar AirPods tanpa chip H2 dapat terhubung dengan VR itu. (Foto: macrumors)

Laporan tersebut meyakini bahwa perangkat itu akan dijual sekitar USD 3.000 (Rp 47 juta). Kabarnya produk ini akan menggunakan bahan yang sangat premium seperti rangka yang terbuat dari aluminium, kaca, dan serat karbon. Kacamata AR/VR ini diklaim jauh lebih tipis dan lebih ringan dari Meta Quest Pro yang baru saja dirilis.

Terdapat tombol fisik yang mirip dengan tombol 'mahkota' digital pada Apple Watch, dan akan berfungsi untuk bernavigasi selama pemakaian kacamata tersebut. Namun sebagian besar kontrol diharapkan berasal dari gerakan tangan dan melalui suara.

Tanggal rilis untuk kacamata mixed reality pertama dari Apple ini masih belum jelas. Namun, Sebagian besar rumor mengatakan bahwa kacamata itu akan diumumkan secara resmi di 2023. (kna)

Baca juga:

Apple Tengah Rancang AirPods Lite

#Apple #Teknologi #Virtual Reality #Augmented Reality
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan