Kabar Paus Fransiskus Positif Corona Hoaks

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Minggu, 01 Maret 2020
Kabar Paus Fransiskus Positif Corona Hoaks
Paus Fransiskus doakan para penderita sakit akibat virus corona (Foto: antaranews/reuters)

Merahputih.com - Kabar pemimpin Vatikan, Paus Francis (Fransiskus) jatuh sakit akibat terdampak Virus Corona Covid-19 dipastikan hoaks. Hoaks itu pertama kali diberitakan situs berita MCM News. Tak hanya Paus, dua ajudannya juga dikabarkan juga terjangkit Corona, dalam berita tersebut.

Baca Juga:

Seberapa Efektif Masker Respirator N95 Melindungimu dari Virus Corona?

"Paus Fransiskus memang sedang sakit. Tapi beliau tidak terkena virus corona. Syukur kpd Allah," tulis Mantan imam Diosesan Keuskupan Agung Jakarta (KAJ), Romo Josaphat Kokoh Prihatanto di akun twitternya, @RomoJostKokoh.

"Semoga yg sakit disembuhkan & yg lemah dikuatkan. Ini foto ktika kmarin Paus mempersembahkan misa harian di Kapel Santa Marta Vatican," sambung dia.

Berita dari MCM News itu berjudul 'Vatikan konfirmasi Paus Fransiskus dan dua ajudannya positif virus corona' dan publish pada Minggu (1/3).

Berita itu sempat dibagikan ribuan orang. Tak hanya itu, kabar itu bahkan dikutip oleh berbagai media, yang kemudian meralatnya setelah tahu hoaks.

Baca Juga:

Saudi Hentikan Umrah karena Corona, Menag: Kesehatan Jemaah Kita Hal Utama

Cindy Otis, analis militer di CIA, Amerika Serikat, membeberkan hoaks tersebut. Otis menulis poin-poin yang menegaskan berita itu adalah hoaks.

"Domain ini didaftarkan pada tahun 2016 oleh komunitas liar di Tiongkok. Registrasi diubah tiga hari yang lalu pada 26 Februari," tulis Otis di akun twitternya, @CindyOtis_. Setelah Cindy mengunggah cuitannya, MCM News menghapus artikel tersebut. (Pon)

#Paus Fransiskus #Virus Corona #Pasien Corona #Penyakit Corona
Bagikan
Bagikan