Kabar Gembira untuk Kita Semua, Buah Manggis Ternyata Punya Banyak Manfaat Kesehatan Manfaat buah manggis yang tidak banyak orang ketahui (Foto: healthline.com)

BUAH Manggis merupakan buah khas tropis yang memiliki rasa agak manis dan asam. Buah ini berasal dari Asia Tenggara tetapi dapat ditemukan di berbagai daerah tropis di seluruh dunia. Buah yang kulitnya berwarna ungu tua kulitnya berkembang ketika matang. Sebaliknya, daging di bagian dalam berair dan berwarna putih cerah. Merangkum dari berbagai laman kesehatan, ternyata buah ini banyak banget lo manfaatnya.

1. Kaya akan antioksidan

Kabar Gembira untuk Kita Semua, Buah Manggis Ternyata Punya Banyak Manfaat Kesehatan
Manggis mengandung antioksidan seperti vitamin C dan folat (Foto: thenaturalhealthmarket.co.uk)


Buah ini memiliki kandungan anitioksidan yang sangat baik untuk kesehatan. Manggis juga mengandung beberapa nutrisi dengan kepasitas antioksidan, seperti vitamin C dan folat. Manggis juga menyediakan xanthones (sejenis senyawa unik tanaman yang memiliki sifat antioksidan kuat).

Dalam beberapa penelitian, aktivitas antioksidan xanthone telah menghasilkan antiflamasi, antikanker, anti penuaan, dan antidiabetik. Jadi, xanthones dalam manggis bertanggung jawab atas banyak manfaat kesehatannya yang potensial.

2. Membantu menjaga kesehatan kulit

Kabar Gembira untuk Kita Semua, Buah Manggis Ternyata Punya Banyak Manfaat Kesehatan
Manggis memberikan efek perlindungan terhadap radiasi ultraviolet-B pada kulit (Foto: reckontalk.com)


Kerusakan kulit karena terkena sinar matahari adalah masalah umum, dan menjadi penyebab kanker kulit dan tanda-tanda penuaan. Sebuah studi pada tikus yang diobati dengan ekstrak manggis dapat memberikan efek perlindungan terhadap radiasi ultraviolet-B (UVB) pada kulit.

Terlebih lagi, sebuah penelitian kecil yang dilakukan selam tiga bulan pada manusia menemukan bahwa orang yang diobati dengan 100 mg ekstrak manggis setiap hari mangalami lebih banyak elastisitas pada kulit mereka dan kurangnya akumulasi senyawa tertentu yang diketahui banyak berdampak pada penuaan kulit.

Para peneliti juga menegaskan bahwa antiokidan dan kemampuan antiinflamasi manggis adalah alasan utama untuk efek perlindungan kulit. Akan tetapi diperlukan lebih banyak penelitian di bidang ini.

3. Mampu mengontrol kadar gula darah

Kabar Gembira untuk Kita Semua, Buah Manggis Ternyata Punya Banyak Manfaat Kesehatan
Mendungung pengontrolan gula darah (Foto: ititropicals.com)


Dari hasil penelitian menunjukan bahwa senyawa xanthone pada manggis dapat membantu kamu menjaga kadar gula darah yang sehat, lo. Sebuah studi yang dilakukan selama 26 minggu kepada wanita gemuk, menemukan bahwa mereka yang menerima 400 mg ekstrak manggis setiap hari memiliki pengurangan yang signifikan dalam resistensi insulin (faktor resiko diabetes) dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Buah ini juga merupakan sumber serat yang baik, nutrisi yang dapat membantu menstabilkan gula darah dan meningkatkan kontrol diabetes. Kombinasi kandungan xanthone dan serat dalam manggis dapat membantu menyeimbangkan gula darah.

4. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Kabar Gembira untuk Kita Semua, Buah Manggis Ternyata Punya Banyak Manfaat Kesehatan
Memberikan kekebalan pada sistem kekebalan tubuh (Foto: ititropicals.com)


Serat dan vitamin C yang ada di dalam manggis ternyata penting bagi sistem kekebalan tubuh. Serat mendukung bakteri usus sehat kamu. Di sisi lain, vitamin C dibutuhkan untuk fungsi berbagi sel imun dan memiliki sifat antioksidan.

Selain itu, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa senyawa tanaman tertentu pada manggis mungkin memiliki sifat antibakteri, yang dapat memberi manfaat bagi kesehatan kekebalan tubuh kamu dengan melawan bakteri yang berpotensi berbahaya.

Sebuah studi selama 30 hari yang dilakukan oleh 59 orang menggunakan suplemen yang mengandung manggis. Saat memakannya mereka mengalami penurunan tanda peradangan dan peningkatan jumlah sel kekebalan tubuh yang secara signifikan lebih besar dibandingkan dengan mereka yang menggunakan plasebo (zat yang terlihat menyerupai obat, tetapi sebenarnya netral dan tidak memiliki efek sama sekali).

Sistem kekebalan tersebut membutuhkan banyak nutrisi berbeda agar berfungsi optimal. Manggis mungkin merupakan pilihan yang baik untuk dimasukkan ke dalam menu makanan dalam program diet.

5. Sehat untuk jantung

Kabar Gembira untuk Kita Semua, Buah Manggis Ternyata Punya Banyak Manfaat Kesehatan
Ekstrak manggis membantu mengurangi faktor penyakit jantung (Foto: behealthy.today)


Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa ekstrak manggis secara efektif mengurangi faktor risiko penyakit jantung seperti kolesterol LDL dan trigliserida sekaligus meningkatkan kolesterol HDL (baik).

Perlu diperhatikan! Jika kamu hendak mengkonsumsi buah manggis dalam suplemen. Suatu penelitian mengatakan bahwa mengkonsumsi suplemen buah manggis saat kamu memiliki gangguan kesehatan pada darah, justru akan membuat kondisi kamu bertambah buruk, lo.

Efeknya terhadap darah juga tidak disarankan untuk dikonsumsi selama dua minggu sebelum kamu melakukan suatu tindakan medis seperti pergi ke dokter. (sel)


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH