Kabar Buruk Buat Tim Oranye, Wesley Sneijder Gantung Sepatu Wesley Sneijder putuskan gantung sepatu (Foto: Sky Sports)

MerahPutih.Com - Penggemar dan pendukung Timnas Belanda mungkin familiar dengan nama Wesley Sneijder. Gelandang jempolan itu kerap menjadi andalan Tim Oranye di sejumlah laga internasional. Namun kali ada kabar buruk dari pemilik nomor 10 itu.

Namun, mulai hari ini para pendukung Belanda tak akan melihat lagi mantan bintang Inter Milan dan Real Madrid itu beraksi di lapangan hijau bersama penggawa Tim Oranye.

Setelah berbicara dan berdiskusi dengan pelatih anyar Timnas Belanda Ronald Koeman, Wesley Sneijder memutuskan gantung sepatu alias mengakhiri karir internasionalnya bersama Belanda. Terhitung Minggu (4/3) Sneijder tak lagi memperkuat Belanda.

Keputusan ini menyusul diskusi-diskusi dengan pelatih baru baru Belanda Ronald Koeman, yang menemuinya di Qatar, kata asosiasi sepak bola Belanda (KNVB) dalam pernyataannya.

"Wesley merupakan salah satu pemain internasional Belanda dalam beberapa tahun terakhir, pemain luar biasa dengan sikap yang hebat. Namun saya ingin membangun tim baru dan oleh karena itu (saya) harus mengambil keputusan-keputusan," kata Koeman dalam pernyataannya sebagaiman dilansir Antara dari Reuters.

Sneijder (33) mengatakan ia tahu bahwa karier internasionalnya akan berada dalam bahaya ketika ia meninggalkan Nice pada Januari untuk bermain bagi Al Ghafara di Qatar.

"Di atas segalanya, saya paham bahwa Koeman ingin memulai era baru dengan pemain-pemain yang lebih baru, lebih muda. Kami membicarakan hal ini secara terbuka dalam diskusi yang bersahabat dan saya menghormati keputusannya," tutur Sneijder.

KNVB mengatakan pihaknya sekarang akan mendiskusikan dengan Sneijder perihal kemungkinan peran yang dapat ditanganinya di struktur timnas saat ia berhenti bermain dan mencapai kualifikasi-kualifikasi kepelatihan yang diperlukan.

Sneijder pada Juni silam mencatatkan rekor baru sebagai pemain dengan rekor penampilan internasional Belanda, ketika ia bermain untuk ke-131 kalinya dan terakhir kali membela timnas saat mereka bermain menang 3-0 atas Romania pada pertandingan persahabatan.

Pemilik tendangan bebas mematikan ini melakukan debutnya pada 2003 dan merupakan runner up pada Piala Dunia di Afrika Selatan pada 2010.(*)



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH