Kabar Baik, Pecandu Narkoba yang Menyerahkan Diri Takkan Dipidana Ilustrasi pecandu narkoba. Foto: Independent

MerahPutih.com - Polisi berjanji tidak akan melakukan penangkapan dan penahanan terhadap pengguna narkoba yang dengan kesadaran sendiri melapor dan mengajukan permohonan rehabilitasi untuk menghilangkan kecanduannya.

"Bagi pecandu yang melapor untuk direhabilitasi sudah diatur Undang-undang dan kami tidak akan melakukan penahanan tetapi ia ditangani oleh tim untuk menghilangkan kecanduannya," kata Kaur Bin Ops (KBO) Satnarkoba Polres Solok Selatan, Inspektur Dua Polisi Andhika, dikutip Antara, Senin (24/6).

BACA JUGA: Film 3 Pilihan Hidup Rangkum Kehidupan Pecandu Narkoba

Untuk itu, Andhika mengimbau bagi masyarakat yang ada keluarganya sudah kecanduan narkoba bisa mengajukan permohonan untuk direhabilitasi. Untuk merehabilitasi pengguna narkoba ada tim yang terdiri dari polisi, kejaksaan, dokter, Dinas Sosial serta ahli psikologi.

BACA JUGA: Razia Indekos, Polisi Amankan Pecandu Narkoba dan Pasangan Mesum

"Masyarakat jangan takut untuk melaporkan keluarganya pengguna narkoba untuk direhab karena tujuannya adalah menyelamatkan masa depannya," tutur perwira pertama polisi itu.

Ilustrasi sabu-sabu. (Foto/drugfreesociety.wordpress.com)
Ilustrasi sabu-sabu. (Foto/drugfreesociety.wordpress.com)

Andhika juga menambahkan apabila masyarakat mengetahui transaksi narkoba supaya bersedia melaporkannya ke polisi untuk dilakukan penindakan.

"Masyarakat jangan takut untuk melaporkan suatu transaksi narkoba untuk menghindari penyalahgunaan, sebab peran masyarakat sangat diharapkan dalam menekan peredaran gelap narkotika," tutup polisi dengan pangkat balok dua di pundaknya itu. (*)


Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH