Kabar Bahagia! Ini Manfaat Puasa Bagi Para Perokok Pusa ajang berhenti merokok (Sumber: Pixabay/HansMartinPaul)

BULAN Ramadan sudah menyambut kita sejak beberapa hari lalu. Di bulan yang penuh berkah ini, setiap umat Muslim di dunia diwajibkan menjalani puasa mulai terbit fajar hingga terbenam matahari selama satu bulan penuh.

Rasa lemas dan haus tentu menjadi salah satu cobaan yang dihadapi setiap hari. Tapi siapa sangka, di balik itu semua puasa menyimpan banyak manfaat kesehatan, tanpa terkecuali untuk para perokok.

Apa saja itu? Dilansir dari Go-Dok.com, berikut ini manfaat berpuasa bagi para perokok.

1. Menormalkan kerja jantung

Bisa menormalkan kerja jantung (Sumber: Pixabay/Pexels)
Bisa menormalkan kerja jantung (Sumber: Pixabay/Pexels)

Jantung seorang perokok biasanya berdetak lebih cepat dibandingkan tidak merokok. Nah, saat kamu menjalani puasa, aktivitas jantungmu akan melambat dan perlahan kembali normal. Hal ini membuat tekanan darah ikut turun serta sirkulasi darah di tubuh kembali normal.

2. Membuang CO2 dari dalam darah

Membuang CO2 dari dalam darah (Sumber: Pixabay/realworkhard)
Membuang CO2 dari dalam darah (Sumber: Pixabay/realworkhard)

CO2 atau karbondioksida akan selalu menemani para perokok setiap saat. Zat ini sangat berbahaya karena mampu mencegah oksigen masuk ke paru-paru dan berdampak pada darah kekurangan asupan oksigen. Dengan berpuasa selama 8-12 jam sehari, maka kandungan CO2 di dalam darah perlahan hilang.

3. Fungsi paru-paru kembali meningkat

Mmapu meningkatkan fungsi paru-paru (Sumber: Pixabay/Capri23auto)
Mmapu meningkatkan fungsi paru-paru (Sumber: Pixabay/Capri23auto)

Manfaat lain berpuasa bagi para perokok adalah meningkatkan fungsi paru-paru. Merokok yang dilakukan selama bertahun-tahun berakibat menurunnya fungsi paru-paru dan meningkatkan kematian akibat kanker. Nah, berdasarkan studi Nikan Health Researchers Institute di Iran, berpuasa di bulan ramadan akan kembali meningkatkan volume paru-paru dan memaksimalkan fungsinya.

4. Mengurangi kecanduan nikotin

Satu zat yang tidak bisa dihindari dari para perokok adalah Nikotin. Zat adiktif inilah yang membuatmu sulit untuk menjauh dari rokok. Nah, saat berpuasa tubuh kita akan emngeluarkan racun-racun berbahaya, termasuk nikotin. Sebuah penelitian mengatakan puasa akan mengurangi ketergantungan nikotin secara drastis.

5. Momen tepat untuk berhenti merokok

Manfaatkan momen ini (Sumber: Pixabay/Myriams-Fotos)
Manfaatkan momen ini (Sumber: Pixabay/Myriams-Fotos)

Sadar atau tidak, selama bulan Ramadan konsumsi rokokmu akan berkurang. Kamu tidak merokok selama 13 jam sehari dalam 4 pekan penuh. Dalam jangka waktu tersebut, kadar nikotin di dalam tubuh akan semakin berkurang. Hal ini membuatmu mudah untuk berhenti merokok.


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani