Merawat Ingat

KA Bandara Soetta Kembali Beroperasi

P Suryo RP Suryo R - Rabu, 04 Januari 2023
KA Bandara Soetta Kembali Beroperasi
Petugas bersiap menjalankan KA Bandara dari Stasiun Manggarai menuju Stasiun Bandara Internasional Soekarno Hatta, Selasa (9/10/2019) (ANTARA/Laily Rahmawaty)

SEMPAT berhenti beroperasi karena terdampak banjir di Jakarta dan sekitarnya, Kereta Api (KA) Bandara Soekarno-Hatta kembali beroperasi (4/1/2020).

Humas PT Railink, Diah Suryandari, saat itu menjelaskan bahwa pola operasi ini masih dengan kecepatan terbatas dan jarak waktu antar perjalanan atau headway sekitar satu jam.

Ada penyesuaian waktu tempuh perjalanan menjadi 57 menit untuk relasi Stasiun Manggarai - Stasiun Bandara Soekarno-Hatta, dan 67 menit untuk relasi Stasiun Bandara Soekarno Hatta -Stasiun Manggarai.

Keberangkatan kereta bandara dimulai sejak pukul 4.40 WIB untuk relasi Stasiun Manggarai - Stasiun BNI City -Stasiun Duri - Stasiun Batu Ceper -Stasiun Bandara Soekarno-Hatta.

Adapun rute relasi sebaliknya yaitu Stasiun Bandara Soekarno Hatta - Stasiun Batu Ceper - Stasiun Duri - Stasiun BNI City - Stasiun Manggarai berangkat mulai pukul 06.10 WIB. Penumpang pesawat udara saat itu diimbau agar memperhatikan jadwal serta waktu tempuh yang berlaku sementara ini untuk menghindari kemungkinan keterlambatan.

Operasional KA Bandara akan diatur menyesuaikan kondisi di lapangan. Pembelian tiket Kereta Api Bandara dapat dilakukan secara online melalui beberapa pilihan channel, seperti Aplikasi Railink, web reservasi, marketplace dan KAI Access serta secara offline melalui vending machine dan Point Of Sales (POS) masing-masing stasiun.

Baca Juga:

Pre-Order iPhone 12 di Indonesia Dimulai 11 Desember 2020

ka
Operasional KA Bandara akan diatur menyesuaikan kondisi di lapangan. (Irfan Muhammad Rinoarashi)

Kereta Api (KA) Bandara Soekarno-Hatta dan KA Bandara Kualanamu pernah berhenti beroperasi selama 1, 5 bulan. Kemudian dioperasikan kembali mulai 1 September 2021.

"Mulai tanggal 1 September 2021 besok kami siap beroperasi kembali," ungkap Plt Direktur Utama PT Railink Anggodo Triwibowo.

Beroperasinya kembali KA Bandara Soekarno-Hatta dan KA Bandara Kualanamu terhitung mulai 1 September 2021 ini akan disertai dengan tarif promo khusus HUT PT KAI dan HUT PT Railink. Yakni dengan diskon 76 persen.

KA Bandara akan beroperasi sebanyak 20 perjalanan dalam satu hari.

Yaitu mulai pukul 05:37 WIB sampai dengan pukul 18:49 WIB untuk KAI Bandara Soekarno-Hatta dan pukul 05:00 WIB sampai dengan 19:15 WIB untuk KA Bandara Kualanamu.

Anggoro berharap beroperasinya kembali KA Bandara PT Railink dengan tarif promo ini dapat meningkatkan antusias masyarakat terhadap transportasi umum.

"Ini sebagai penunjang untuk melakukan mobilitas sehari-hari dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” jelas Anggoro. (DGS)

Baca Juga:

Kereta Bandara YIA Pangkas Waktu Perjalanan Jadi 40 Menit ke Pusat Kota

#Wisata #Merawat Ingat
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan