K-Line Donasikan Lebih dari 100 Set Komputer untuk SMK di Jakarta Perusahaan Jepang berikan komputer untuk pelajar Indonesia. (Foto: istimewa)

JEPANG adalah salah satu negara yang cukup concern dalam bidang pendidikan. Bukan hanya pendidikan di negaranya tetapi juga negara lain.

Salah satu contoh kepedulian mereka pada sektor pendidikan adalah sumbangsih perusahaan transportasi Jepang, K-Line atau Kawasaki Kisen Kaisah, Ltd terhadap sekolah kejuruan di Indonesia. Bekerjasama dengan Codingcamp.id dan BenihBaik.com, K-Line mendonasikan 102 set komputer.

Baca juga:

asdad

K-Line atau dikenal dengan Kawasaki Kisen Kaisha, Ltd adalah sebuah perusahaan transportasi asal Jepang. Perusahaan ini memiliki sejumlah jenis kapal, seperti kapal kargo kering (kapal muatan curah), kapal peti kemas, kapal pengangkut LNG, kapal Ro-Ro, kapal tanker minyak, serta terminal peti kemas. K-Line merupakan perusahaan pengapalan dan transportasi terbesar ke-14 di dunia.

Dalam implementasi program pertama ini, masyarakat melalui dana publik dan dana korporasi, turut berpartisipasi dalam mengumpulkan donasi serta perangkat laptop, notebook, dan komputer untuk sepuluh SMK.

Sepuluh SMK tersebut yakni SMK Atlas, SMK Bina Rahayu, SMK Islamiyah Serua, SMK Muara Ilmu, SMK Forward Nusantara, SMK Tirtajaya, SMK Al-Wahyu, SMKN 1 Depok, SMK Nurul Iman, dan SMK Yapia.

K-Line Donasikan Lebih dari 100 Set Komputer untuk SMK di Jakarta
Penyerahan komputer secara simbolik. (Foto: istimewa)

"Saya ingin mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang baik dengan BenihBaik.com dan CodingCamp.id. Kami jadi mendapat kesempatan untuk menyumbangkan komputer bagi siswa-siswi SMK yang membutuhkan," ucap Goichi Tsuruta, President Director K-Line.Goichi Tsuruta, President Director K-Line. Ia juga berharap dengan adanya inisiasi kebaikan ini, masa depan para siswa-siswi SMK akan semakin terbuka lebar.

Komputer sebanyak 102 buah itu diterima dengan baik oleh salah satu perwakilan SMK yang menjadi penerima manfaat, Kepala SMK Forward Nusantara, Danan Wuryanto Pramono. "Atas nama teman-teman, saya mewakili 10 sekolah yang menerima bantuan ini mengucapkan terima kasih," ucap Danan.

Dalam kesempatan itu, Danan juga menegaskan bahwa perwakilan darinya hanya merupakan simbolis saja. Komputer akan segera didistribusikan ke sekolah yang jadi tujuan donasi.

Baca juga:

asdada

K-Line Donasikan Lebih dari 100 Set Komputer untuk SMK di Jakarta
Sambutan dari pihak Codingcamp.id dan BenihBaik.com. (Foto: Istimewa)

Bagi Codingcamp.id, hal ini adalah salah satu upaya yang berangkat dari ide sederhana. "Kantor di Jakarta dan Indonesia ini sesungguhnya memiliki banyak komputer yang sudah tidak terpakai namun masih bisa dimanfaatkan. Ke depannya saya juga mengajak kantor-kantor yang memiliki komputer tidak terpakai demgan senang hati akan memperbaiki dan akan membantu menyalurkan pada adik-adik yang membutuhkan," ujar Kurie Suditomo selaku Founder dari Codingcamp.id.

Sementara itu, BenihBaik.com berharap pendistribusian komputer ini mampu membantu siswa yang kurang mampu membeli sarana pendidikan ini dan mendorong kesuksesan para siswa.

"Di sini kita memang ingin membantu teman-teman dan adik-adik di SMK untuk memiliki source yang lebih dengan menggunakan komputer. Karena kita tahu pendidikan adalah salah satu cara untuk mengentaskan kemiskinan. Ini bahkan bisa mengentaskan kemiskinan untuk beberapa generasi," urai Anggit Hernowo, salah satu founder BenihBaik.

Anggit Menambahkan, "harapannya teman-teman di sini yang kita bantu kemudian menjadi sukses bisa mengangkat lingkungannya bukan hanya dia sendiri tetapi bisa menciptakan lapangan pekerjaan, mengangkat keluarganya juga, karena lebih jauh kita berharap angka kemiskinan bisa berkurang." (avia)

Baca juga:

asdada

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Lihat lagi, Bintang Fesyen Inaugurasi Biden-Harris
Fashion
Lihat lagi, Bintang Fesyen Inaugurasi Biden-Harris

Dua perempuan kuat menghadiri acara mengenakan karya para desainer Amerika.

Warganet Ajukan Petisi Setop Wawancara Will dan Jada Pinkett Smith
ShowBiz
Melanie Subono Bagikan Tips Agar Terhindar dari Narkoba
ShowBiz
Melanie Subono Bagikan Tips Agar Terhindar dari Narkoba

Yuk intip tips terhindar dari narkoba ala Melanie Subono

TikTok Lampaui YouTube dalam Waktu Tonton per Pengguna
Fun
TikTok Lampaui YouTube dalam Waktu Tonton per Pengguna

mendeskripsikan TikTok sebagai pengubah streaming dan lanskap sosial.

Beri Terus Kasih Sayang, Meskipun Hari Kasih Sayang sudah Berlalu
Fun
Ketangguhan Pemudi Magang Memahami Seluk-Beluk Dunia Disabilitas
Hiburan & Gaya Hidup
Ketangguhan Pemudi Magang Memahami Seluk-Beluk Dunia Disabilitas

Meski sibuk berkomunikasi, tak sedikit pun suara keluar dari mulutnya.

Pentingnya Mendampingi Orang dengan Diabetes di Masa Pandemi
Fun
Pentingnya Mendampingi Orang dengan Diabetes di Masa Pandemi

Orang-orang terdekat diabetesi harus mampu menjaga agar mereka tetap berpikir positif dan memotivasinya untuk hidup sehat.

Kiat Membuat Anak Berhenti Teriak Saat Keramas
Fun
Kiat Membuat Anak Berhenti Teriak Saat Keramas

Anak kecil akan sangat berteriak hingga nangis, saat sampo mengenai matanya.

Aksi Fotografi Unik dalam Gelembung Raksasa
Fun
Aksi Fotografi Unik dalam Gelembung Raksasa

Konsep menarik ini dihadirkan oleh fotografer untuk artis jerman, Florian Mehnert.

Pria Wajib Merawat Kulit Wajah, ini Alasannya
Fashion
Pria Wajib Merawat Kulit Wajah, ini Alasannya

Enggak cuma perempuan, pria juga harus merawat kulit wajah.