Jusuf Kalla Kandidat Cawapres Terkuat di Pilpres 2019 Versi Poltracking

Luhung SaptoLuhung Sapto - Minggu, 18 Februari 2018
Jusuf Kalla Kandidat Cawapres Terkuat di Pilpres 2019 Versi Poltracking
Wakil Presiden Jusuf Kalla (Facebook/Wakil Presiden RI - Jusuf Kalla)

MerahPutih.com - Mantan Ketua Umum Partai Golkar Jusuf Kalla memiliki peluang paling besar di antara sejumlah nama untuk kembali menjadi calon wakil presiden di Pilpres 2019. Hal itu berdasarkan hasil survei Poltracking Indonesia terkait elektabilitas figur calon presiden dan calon wakil presiden yang akan bertarung di Pemilihan Presiden atau Pilpres 2019 mendatang.

Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda mengatakan, dari hasil survei Poltracking, muncul tujuh nama tokoh sebagai Cawapres. Jusuf Kalla atau akrab disapa JK memiliki elektabilitas tertinggi di antara enam tokoh lainnya dengan gap yang cukup jauh.

"Terkait dengan kandidat cawapres, cawapres terkuat Pak Jusuf Kalla, jauh di atas figur-figur kandidat cawapres lainnya dengan elektabilitas 15,9 persen," kata Hanta di Hotel Sari Pasific, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (18/2).

Sementara, elektabilitas Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebasar 12.4 persen, Anies Rasyid Baswedan sebesar 12.1 persen, Gatot Nurmantyo sebesar 11.4 persen, Ridwan Kamil 10.4 persen, Muhaimin lskandar (Cak Imin) 7.0 persen, dan Khofifah Indar Parawansa sebesar 5 persen.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat RI, Bambang Soesatyo berpendapat, JK merupakan sosok ideal mendampingi Jokowi untuk periode kedua.

"Atau Undang-Undang memperbolehkan Pak JK maju lagi. Program - program pembangunan tidak dimulai dari nol," ujar pria yang kerap disapa Bamsoet ini.

Sebagai informasi, survei Poltracking Indonesia ni dilakukan pada 27 Januari hingga 3 Februari 2018 dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling.

Jumlah sample dalam survei ini adalah 1200 responden denganmargin of error +/- 2.83% pada tingkat kepercayaan 95%. Klaster survei ini menjangkau 34 provinsi se-Indonesia secara proporsional berdasarkan data jumlah populasi pemilih terakhir. (Pon)

Baca juga berita terkait lainnya di: Ini Kata SBY Soal Capres-Cawapres 2019

#Jusuf Kalla #Wapres Jusuf Kalla #Poltracking Indonesia #Pilpres 2019
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan