Justin Hubner Sah jadi WNI

Andika PratamaAndika Pratama - Rabu, 06 Desember 2023
Justin Hubner Sah jadi WNI
Justin Hubner. (PSSI)

MerahPutih.com - Proses naturalisasi Justin Quincy Hubner akhirnya rampung.

Bek Wolverhampton Wanderers itu resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI) setelah mengucap sumpah di Kantor Wilayah Kemenkumham Republik Indonesia, Jakarta Timur, Rabu (6/12) pagi.

Baca Juga

Justin Hubner akan Disumpah jadi WNI Besok

Justin tiba di Kanwil Kemenkumham pada pukul 09.50 WIB. Ia mengenakan setelan jas, peci, dan kacamata hitam.

Pengambilan sumpah dipimpin oleh Kepala Kanwil DKI Jakarta, Ibnu Chuldun. Diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Justin Hubner pun langsung diambil sumpah.

"Demi Tuhan yang Maha Esa, saya menyatakan dan berjanji dengan sungguh-sungguh," ucap Justin Hubner yang mengikuti ucapan Kepala Kanwil DKI Jakarta, Ibnu Chuldun.

"Melepaskan, seluruh kesetiaan setia kepada kekuasaan hati, dengan ini tunduk dan setia kepada NKRI, Pancasila, dan undang-undang dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945."

"Dan akan membelanya, dengan sungguh-sungguh serta akan menjalankan, kewajiban, yang dibebankan negara kepada saya, sebagai warga negara Indonesia, dengan tulus dan ikhlas."

Baca Juga

Ranking FIFA Terbaru: Indonesia Turun Satu Peringkat

Proses naturalisasi Justin Hubner berliku. Awalnya, sang pemain diproyeksikan untuk dinaturalisasi, guna memperkuat Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2023. Ia dinaturalisasi bersama Ivar Jenner dan Rafael Struick.

Di tengah jalan, Piala Dunia U-20 2023 batal terselenggara di Indonesia. Hanya Ivar Jenner dan Rafael Struick yang meneruskan proses naturalisasinya. Naturalisasi Justin Hubner mandek di tengah jalan karena proses administrasi.

Usai mandek 6 bulan, PSSI melanjutkan proses naturalisasi pemain keturunan Indonesia-Belanda tersebut.

Setelah ini, Justin Hubner tinggal mengurus proses administrasi perpindahan federasi dari PSSI ke KNVB (Federasi Sepak Bola Belanda). Hal ini dilakukan agar Justin Hubner bisa membela Timnas Indonesia, terutama untuk Piala Asia 2023 Qatar pada 12 Januari sampai 10 Februari 2024 mendatang.

Kini, ia berpeluang membela Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 Qatar. Di mana, Skuad Garuda tergabung di Grup D bersama Jepang, Irak, dan Vietnam.

Dua Pemain Lagi

PSSI sedang fokus dalam proses naturalisasi Jay Idzes, Nathan Tjoe-A-On, dan Ragnar Oratmangoen. Dua nama awal sudah mendapat persetujuan Komisi X DPR RI. Sedangkan Ragnar Oratmangoen kemungkinan baru akan dinaturalisasi pada tahun depan. (Bolaskor)

Baca Juga

Komisi X DPR-RI Restui Naturalisasi Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On

#PSSI #Breaking
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan