Musik
Musik Bahasa Aspirasi ala Hindia MMenyampaikan aspirasi lewat musik ala Hindia.(Sumber: Instagram/@wordfangs)

DUNIA seni sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari musisi bernama asli Baskara Putra ini. Mulai dari seni rupa hingga seni musik, semua menarik perhatiannya. Ketika usia 13 tahun, ia menaruh minat mendalam pada seni rupa. Aplikasi Photoshop menjadi senjata andalannya kala itu. "Gue mulai punya ketertarikan sama visual art. Beli buku tentang graphic design terus mempelajari album cover," ujarnya saat tampil di live Instagram bersama Riri Riza.

Saat memasuki SMA, minatnya akan seni semakin berkembang. Ia mulai tertarik dengan seni musik. Beberapa kali ia membentuk band. Ketertarikan tersebut terus berlanjut hingga duduk di bangku kuliah. Di akhir semester kedua, ia membentuk band yang kemudian dikenal dengan nama Feast.

Baca Juga:

Begini Cara Musisi Habiskan Waktu #DiRumahAja

Hindia
Live Instagram Riri Riza dan Hindia. (Foto: Instagram@milesfilms)

Uniknya, meskipun memiliki minat yang sangat besar pada seni, ia justru tak ingin mempelajarinya secara formal di bangku kuliahan. Sebaliknya, ia justru memilih studi ilmu sosial, yakni ilmu komunikasi di Universitas Indonesia. "Gue merasa, in a way, gue more socially grounded. Sudut pandang itu enggak gue dapat kalau gue purely art atau eksakta," ungkapnya menjelaskan alasan lebih memilih kuliah ilmu sosial ketimbang seni.

Saat sesi live Instagram, Cabin Fever, Kamis (30/4), ia ditanya Riri Riza apakah latar belakang studinya memengaruhi musiknya.

"Sangat sih. Menurut gue yang pertama ada pengaruh dari lingkungannya. Orang yang elu temui di kampus itu di jurusan itu karakteristiknya berbeda jadi bisa lebih memahami berbagai macam jenis manusia," ucapnya. Pengaruh kedua yang ia rasakan ialah bagaimana jurusan yang ia pilih tersebut memengaruhi pola pikirnya dalam menentukan sikap bermusik.

Baca Juga:
Hindia
Hindia. (Foto: Official Hindia)

Meskipun begitu, Hindia berpendapat bahwa pilihan jurusan saat kuliah tak serta-merta menentukan pilihan pekerjaan kamu. "Buat gue, lu bisa kerja apa pun di saat lu kuliah apa pun karena yang dipakai dan dibawa itu pola pikir. You treat your job dengan pola pikir yang lu bawa dari jurusan," urainya.

Ketika masih berstatus sebagai mahasiswa, Hindia cukup aktif dalam menyuarakan aspirasinya. Seiring berjalannya waktu dan kematangan pemikiran, ia mencoba cari cara lain untuk tetap vokal, tapi dengan cara yang lebih berkelas. Musiklah jawabannya. "Ada argumen yang mengatakan bahwa turun ke jalan penting, tetapi menurut gue sekarang itu hanya seremonial. Walaupun ujung-ujungnya ke arah sana, tetapi enggak perlu selalu dengan cara itu. Menurut gue musik itu bisa jadi medium tepat," jelasnya.

Dengan kepercayaan akan hal itu, Hindia berkreasi menyampaikan pemikirannya dalam durasi lagu yang singkat. "Gimana caranya dengan sebuah lagu kita bisa memperkenalkan isu. Yang kalau di dalam forum bisa sejam, tetapi dengan musik bisa selesai dalam waktu 3 menit," jelasnya.

Hindia
Hindia menjadikan musik sebagai medium penyampaian aspirasi.(Foto: Instagram@wordfangs)

Dan benar saja, tanpa harus turun ke jalan, Hindia cukup berhasil memperkenalkan isu-isu terkini kepada anak muda. Ia menilai hal tersebut lebih efektif dan efisien daripada harus sibuk turun ke jalan atau berdebat.

Saat mendengar penuturan Hindia, Riri pun tak bisa menutupi kekagumannya. "Musik itu digital content. It says aloud. Itu menyentuh anak-anak muda yang bisa dengan mudah menyebarkannya. Menurut gue keren sih," pujinya.(avia)

Baca juga:
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Lima Tanaman yang Cocok untuk Kamar Bayi
Fun
Lima Tanaman yang Cocok untuk Kamar Bayi

merupakan pembersih udara alami dan dapat menghilangkan hingga 87 persen racun dalam sehari.

Berantas Penyusup, Zoom akan Hadirkan Fitur Report
Fun
Berantas Penyusup, Zoom akan Hadirkan Fitur Report

Berantas penyusup, Zoom akan hadirkan Fitur Report

Tak Jadi Pemeran Utama, Aktor Korea ini Justru makin Populer
ShowBiz
BLACKPINK Terpilih Sebagai Hitmaker's Group of the Year Versi Variety
ShowBiz
BLACKPINK Terpilih Sebagai Hitmaker's Group of the Year Versi Variety

Jisoo, Jennie, Rose, dan Lisa baru saja menerima predikat sebagai grup tahun ini versi majalah Variety.

Agar Baterai Ponsel Tahan Lama
Fun
Agar Baterai Ponsel Tahan Lama

Banyak pengguna ponsel yang sengaja mengisi daya sebelum tidur malam hari dan baru mencabutnya di pagi hari.

Facebook Peringatkan Pengguna saat Bagikan Berita Lawas
Fun
Facebook Peringatkan Pengguna saat Bagikan Berita Lawas

Facebook telah mengembangkan berbagai fitur berbagi berita, salah satunya adalah tombol “Konteks” yang rilis 2018 silam.

Mendominasi di Emmy Awards, 4 Serial ini Wajib Kamu Tonton
ShowBiz
Mendominasi di Emmy Awards, 4 Serial ini Wajib Kamu Tonton

Netflix menjadi layanan streaming paling banyak mendapatkan nominasi.

Hari Ini Pangeran Harry dan Meghan Markle Resmi Keluar Dari Keluarga Kerajaan
Fun
Hari Ini Pangeran Harry dan Meghan Markle Resmi Keluar Dari Keluarga Kerajaan

Apakah Pangeran Harry masih berada di daftar pewaris tahta kerajaan Inggris?

Efek Vaksin dan Masker Terhadap Varian Baru COVID-19
Fun
Efek Vaksin dan Masker Terhadap Varian Baru COVID-19

Varian ini pertama kali ditemukan di negara Inggris beberapa waktu lalu.