Jurnalis Rawan Jadi Korban Kekerasan, Pemerintah Janji Lakukan Evaluasi

Eddy FloEddy Flo - Rabu, 18 Desember 2019
 Jurnalis Rawan Jadi Korban Kekerasan, Pemerintah Janji Lakukan Evaluasi
Menkominfo Johnny G Plate (ANTARA FOTO/Wahyu Putro)

MerahPutih.Com - Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkoinfo), Johnny G Plate memastikan bahwa pemerintah turut memperhatikan keselamatan pekerja jurnalistik.

Hal ini diungkapkan Johnny saat membuka acara seminar 'Refleksi Kebebasan Pers Tahun 2019 dan Peluncuran Buku Mengenal Dewan Pers' di Hotel Sahid Sudirman Jakarta.

Baca Juga:

Dewan Pers: Kualitas Produk Jurnalistik Tergantung Kesejahteraan Para Jurnalis

"Komitmen pemerintah sekali lagi sekali lagi semua pihak harus melakukan evaluasi yang menyeluruh ya bahwa pers itu satu profesi yang juga dengan resiko yang besar khususnya keselamatan kerja," katanya di Jakarta, Selasa (17/12).

Menkominfo Johnny G Plate bersama Ketua Dewan Pers Mohammad Nuh di Jakarta
Ketua Dewan Pers M Nuh bersama Menkominfo Johnny G Plate (MP/Kanu)

Johnny juga meminta agar para wartawan juga dibekali pengetahuan jika ditugaskan di daerah-daerah konflik atau daerah yang rawan aksi persekusi kepada wartawan.

"Yang di medan perang kalau di medan perang yang harus mengikuti embedded yaitu menempel pasukan dengan cara-cara yang benar di situasi dimana ada ancaman bahaya ya bencana misalnya juga ada prosedurnya itu. Nah ini juga tentu perlu juga menjadi bagian yang dievaluasi bagaimana pers untuk jurnalis yang aman ya yang nyaman dan selamat," ungkapnya.

Baca Juga:

Dewan Pers Lakukan Verifikasi Faktual di Kantor Redaksi Merahputih.com

Johnny Plate juga meminta siapapun yang melakukan persekusi tidak dibenarkan, hal ini juga pihaknya meminta jika ada aksi persekusi agar diproses secara hukum.

"Kekerasan terhadap wartawan ini harus kita evaluasi secara menyeluruh yang salah harus dihukum ya tetapi jangan semuanya kita anggap benar karena benar dan salah itu sangat tergantung kepada fakta lapangan nya yang sebenarnya dan itu tentu hukum," tutupnya.(Knu)

Baca Juga:

Bahas Kekerasan Wartawan saat Aksi Demo, Dewan Pers Segera Bertemu Kapolri

#Menkominfo #Kekerasan Wartawan #Kekerasan Jurnalis #Wartawan
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan