Orbituarium
Jurnalis dan Penyiar Radio Legendaris Larry King Meninggal Dunia Larry King meninggal di usia 87 tahun. (foto; Instagram @larrykingnow)

SEBUAH unggahan di media sosial Twitter milik Larry King mengabarkan kepergian jurnalis kawakan itu. "Dengan duka mendalam, Ora Media mengumumkan kepergian co-founder, pembawa acara, dan kawan kami, Larry King," ujarnya.

King dikabarkan meninggal dunia Sabtu (23/1) pagi waktu AS di Pusat Medis Cedars-Sinai di Los Angeles. Presenter kondang itu meninggal di usia 87 tahun. Tak disebutkan penyebab kematian King. Meskipun demikian, kabar duka datang beberapa minggu setelah ia dirawat di rumah sakit akibat terjangkit COVID-19.

BACA JUGA:

Dewan Pengawas Facebook Tinjau Penangguhan Akun Trump

Seperti disebutkan dalam cicitan di Twitter, King menjalani karier panjang di bidang media. Selama enam dekade--tepatnya 63 tahun--King telah mewawancarai, menerima penghargaan, dan pengakuan global dalam dunia radio, televisi, hingga media digital. Semua itu menjadi bukti bakat uniknya sebagai seorang penyiar. "Meski memiliki acara bincang-bincang dengan namanya sendiri, Larry selalu menampilkan subjek wawancaranya sebagai bintang sejati dalam acaranya," imbuh pernyataan itu.

Larry King
Menjalani karier di bidang media selama 63 tahun. (foto: Instagram @larrykingnow)

Sebagai pembawa acara legendaris, King telah mewawancarai berbagai individu. Mulai dari presiden AS, pemimpin luar negeri, selebritas, hingga pemantik skandal. Ia punya gaya yang khas dalam setiap wawancara, yakni pertanyaan singkat, langsung, dan tak bertele-tele. "Ia meyakini pertanyaan yang dipikirkan dengan matang akan mendapatkan jawaban terbaik. Ia tak salah dengan apa yang ia yakini itu," lanjut pernyataan tersebut.

Karier gemilangnya meliputi berbagai penghargaan di antaranya dua Peabody Awards. Ia juga masuk ke National Radio Hall of Fame dan Broadcasters Hall of Fame. Selain itu, King juga menulis sejumlah buku.

King menghadapi banyak masalah kesehatan, bahkan sebelum ia dirawat akibat terjangkit COVID-19 pada 2 Januari. Pada 1987, ia mengalami serangan jantung yang membuatnya menjalani quintuple bypass. Setelah itu, pada April 2019, ia mengalami angina yang mirip dengan serangan jantung. Sebulan kemudian, ia terkena stroke yang membuatnya koma berminggu-minggu.

larry king
Menghadapi banyak masalah kesehatan hingga terjangkit COVID-19. (foto: Instagram @larrykingnow)

Terlahir dengan nama Lawrence Harvey Zeiger pada 19 November 1933 di Broooklyn, New York, King mengganti namanya setelah meniti karier penyiaran di Miami pada akhir 1950-an. Pada 1985, ia meluncurkan program TV kabel, Larry King Live, yang kemudian menjadi acara penting di CNN. Setelah 25 tahun program itu, King membuat program Larry King Now di Ora Meida dan Politicking with Larry King.

"Larry King mendefinisikan seni wawancara di televisi," ujar CNN dalam sebuah pernyataan. Gayanya yang lembut dan tanpa tuduhan dalam setiap wawancara terasa berpadu pas dengan ciri khas suspender warna-warni. Meski usianya yang tak lagi muda dan suspender ikonik itu kerap jadi candaan, King bisa berbangga bahwa ketika acara Larry King Live berakhir di 2010, ia telah melakukan 60 ribu wawancara. Sungguh menakjubkan.

Almarhum John F Kennedy Jr, Presiden Rusia Vladimir Putin, Dalai Lama, Donald Trump, Bill dan Hillary Clinton, Paris Hilton, Lady Gaga, Frank Sinatra, hingga LeBron James ialah segelintir nama besar yang pernah jadi tamu King.

larry king
Dikenal dengan suspender warna-warni. (foto: Instagram @larrykingnow)

"Aku punya lebih sedikit ketakutan akan kematian sekarang," ujar King kepada People pada awal 2020. Saat itu, King berusia 86 tahun dan telah menjalani delapan kali pernikahan. Ia menikahi Freda Miller (1952-53), Annette Kaye (1961), Alene Akins (1961-63), Mickey Sutphin (1964-67), Alene Akins (menikah lagi 1968-71), Sharon Lepore (1976-83), Julie Alexander (1989-92), dan Shawn Southwick King (1997-hingga kini). "Aku ingin mati saat bekerja. Aku akan pensiun saat itu," ujarnya.

Dengan rentang karier yang panjang dan pencapaian luar biasa, King mengaku bangga atas apa yang ia lakukan. Ia pun menyebut dirinya sebagai seorang ayah yang baik dan amat menyukai menjadi orangtua. "Lihatlah apa yang telah aku lalui. Segalanya, jika dilihat lagi, aku menjalani hidup yang diberkati," ujarnya.(dwi)

Penulis : Dwi Astarini Dwi Astarini
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Cuaca Panas Ekstrem Masih Berlangsung di California Akibat Kebakaran Hutan
Fun
Cuaca Panas Ekstrem Masih Berlangsung di California Akibat Kebakaran Hutan

Hampir 42 juta warga California saat ini berada dalam pengawasan atau peringatan panas berlebihan.

Yakin Mau Ganti Mobil Baru?
Fun
Yakin Mau Ganti Mobil Baru?

Saatnya ganti mobil baru atau belum?

Langkah Anti Ribet Menanam Microgreen di Rumah
Fun
Langkah Anti Ribet Menanam Microgreen di Rumah

Selain kaya nutrisi, sayuran ini mudah banget untuk ditanam di rumah.

Gas Terus, Rantai Sepeda Motor Terbaru BMW Tidak Butuh Pelumas
Fun
Gas Terus, Rantai Sepeda Motor Terbaru BMW Tidak Butuh Pelumas

Rantai motor tersebut dikenal dengan nama M Endurance.

ByteDance Jual TikTok ke AS tanpa Algoritma?
Fun
ByteDance Jual TikTok ke AS tanpa Algoritma?

ByteDance tidak akan membagikan kode sumber kepada pembeli AS mana pun.

Agensi HYBE Hadirkan Museum Musik untuk Penggemar
Fun
Agensi HYBE Hadirkan Museum Musik untuk Penggemar

Menampilkan beragam visual tentang K-pop.

Yuk Intip Rekomendasi Menu Bekal Sehat Untuk ke Kantor
Fun
Yuk Intip Rekomendasi Menu Bekal Sehat Untuk ke Kantor

Ini dia deretan menu bekal sehat untuk ke kantor

Jangan Mudah Percaya, Cek Akurasi Berita dengan Tips Ini
Fun
Jangan Mudah Percaya, Cek Akurasi Berita dengan Tips Ini

Orang-orang cenderung percaya pada informasi yang mampu memainkan emosi para pembaca.

Sedang Hamil, Hilary Duff Terpapar COVID-19
Fun
Sedang Hamil, Hilary Duff Terpapar COVID-19

Duff mengisolasi diri setelah melakukan kontak dengan orang positif COVID-19.