Jumlah Pengunjung ChatGPT Bulan Juni Menurun

Andrew FrancoisAndrew Francois - Senin, 10 Juli 2023
Jumlah Pengunjung ChatGPT Bulan Juni Menurun
ChatGPT mulai ditinggalkan penggunanya? (OpenAI)

SEJAK peluncurannya tahun lalu, ChatGPT OpenAI telah menjadi produk teknologi yang sangat populer. Ini memulai apa yang disebut sebagai "revolusi AI", menghasilkan banyak bisnis baru, dan mengalami pertumbuhan yang pesat di seluruh dunia.

Namun, tampaknya masa kejayaan ini akhirnya mulai berkurang. Gizmodo memberitakan pada Jumat (7/7) bahwa aplikasi tersebut mengalami penurunan pengguna pertama pada bulan lalu.

Lalu lintas ke situs web dan aplikasi bot tersebut mengalami penurunan hampir 10 persen secara global pada bulan Juni. Bahkan unduhan aplikasi bot untuk iPhone juga mengalami penurunan. Meski belum jelas mengapa jumlah pengguna dalam chatbot mengalami penurunan yang drastis, ada beberapa teori yang dikemukakan.

Baca Juga:

OpenAI Rilis ChatGPT Plus Berlangganan

ChatGPT seolah sekadar hegemoni sementara. (Unsplash/Rolf van Root)

Berdasarkan analisis Similarweb, perusahaan analisis web dan intelijen pasar, mengungkapkan bahwa setelah peluncuran chatbot itu pada bulan November tahun lalu, lalu lintas ke situs web mengalami peningkatan yang signifikan.

Namun, setelah itu, keterlibatan pengguna mulai melambat pada bulan Maret dan kemudian menurun pada bulan Mei. Jumlah waktu yang dihabiskan oleh pengunjung di situs web ChatGPT juga menurun, menurut laporan tersebut.

Selain itu, laporan itu juga mencatat bahwa chatbot AI populer lainnya, Character.AI, juga mengalami penurunan tingkat keterlibatan pada bulan Juni.

Baca Juga:

ChatGPT Pilih Saham Lebih Baik Ketimbang Manajer Investasi Manusia

Penyebab penurunan pengguna ChatGPT belum dapat dipastikan. (Pexels/Airam)

Lantas, apa yang terjadi? Apakah kebosanan masyarakat terhadap AI menyebabkan mereka kehilangan minat dan menyebabkan penurunan keterlibatan? Mungkin kah ada masalah terkait keaslian informasi dan kebenaran yang disampaikan oleh chatbot AI? Atau mungkin para pengguna bosan berbicara dengan komputer?

Meski tidak ada kepastian, Similarweb berpendapat bahwa penurunan itu mungkin merupakan tanda bahwa kebaruan awal AI telah memudar.

The Post menyebutkan kemungkinan lain, yaitu bahwa penurunan keterlibatan mungkin disebabkan oleh mahasiswa yang menggunakan aplikasi ini untuk membantu mereka dalam pendidikan tinggi. Namun berhenti menggunakan selama liburan musim panas, sehingga menyebabkan penurunan secara keseluruhan. (waf)

Baca Juga:

Mengapa ChatGPT-4 Semakin Kuat?

#Teknologi
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan