Jumlah Pemilih Pemilu 2019 di Solo Bertambah 1.328 Orang Kepala Divisi Pemuktahiran Data dan informasi KPU Solo, Kajad Pamudji Joko Waskito (MP/Ismail)

MerahPutih.Com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo, Jawa Tengah mencatat jumlah pemilih Pilpres dan Pileg bertambah menjadi 1.328 orang. Bertambahnya jumlah pemilih berdasarkan hasil rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan daftar pemilih tambahan (DPTb) Pemilu, Selasa (19/2).

Kepala Divisi Pemuktahiran Data dan informasi KPU Solo, Kajad Pamudji Joko Waskito, mengatakan bertambahnya jumlah pemilih ini besal dari warga binaan Rutan Kelas 1A Surakarta sebanyak 385 pemilih, mahasiswa 158 pemilih, RSJD Surakarta 84 pemilih, dan sisanya bekerja di luar alamat domisilinya.

"Kita hitung jumlah pemilih tambahan 1.328 orang ini perinciannya 828 orang laki-laki dan 500 orang perempuan," ujar Kajad pada merahputih.com.

Dengan adanya penambahan pemilih itu, total daftar pemilih tetap Pemilu 2019 di Solo menjadi 422.773 pemilih. Sebelumnya daftar pemilih tetap hasil perbaikan kedua (DPTHP-2) Solo sebanyak 421.999 pemilih.

Kotak surat suara untuk Pileg dan Pilpres 2019
Pekerja KPU Solo melakukan perakitan kotak suara Pemilu 2019, Selasa (19/2). (MP/Ismail)

"Seiring bertambahnya jumlah pemilih juga berpengaruh pada jumlah TPS dari 1.733 sekarang menjadi 1.734," papar dia.

KPU Solo, lanjut dia, masih membuka pelayanan pindah lokasi pemilih di kantor KPU. Hal itu sesuai Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang pemilu, pelayanan pindah memilih bisa dilakukan selambat-lambatnya 30 hari sebelum hari pemungutan suara.

"Kalau kita hitung pemilih yang pindah memilih harus mengurus berkas administrasi paling lambat tanggal 18 Maret," katanya.

Calon pemilih harus mendapatkan formulir A5. Formulir A5 bisa didapatkan pemilih dengan menunjukkan e-KTP maupun identitas lainnya.

"Untuk dapatkan formulir A5 tidak susah, cukup datang ke KPU. Setelah itu menuliskan lokasi TPS atau KPU yang dituju," pungkas Kajad Pamudji Joko Waskito.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Ismail, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Solo dan sekitarnya.

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: BPN Prabowo-Sandi Terkejut Jokowi Klaim Sudah Bangun Jalan Lima Kali Putaran Bumi



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH