Jumlah Formasi CPNS Kemenkumham, Lulusan SLTA Minati Lowongan Penjaga Tahanan

Andika PratamaAndika Pratama - Jumat, 09 Juli 2021
Jumlah Formasi CPNS Kemenkumham, Lulusan SLTA Minati Lowongan Penjaga Tahanan
Kemenkumham RI membuka pendaftaran CPNS tahun 2021 dengan jumlah 4.558 formasi. Foto: Istimewa

MerahPutih.com - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM) membuka pendaftaran Pegawai Negeri Sipil (PNS) 2021. Kebutuhan Kemenkumham tahun ini sebanyak 4.558 formasi.

Dengan rincian, lulusan terbaik 33 formasi, 6 disabilitas, 112 Putra/Putri Papua dan Papua Barat dan umum 4.407 formasi. Kemenkum HAM sendiri buka pendaftaran sejak 30 Juni hingga 21 Juli mendatang.

Baca Juga

Lulusan SMA/SMK Bisa Daftar CPNS Jadi Tim SAR Basarnas Kantor Palangka Raya

Penjaga Tahanan yang paling banyak dicari Kemenkumham dengan kebutuhan 3.876 formasi yang ditempatkan di 32 kantor wilayah. Formasi ini bisa dilamar dengan jenjang SLTA Sederajat.

Alokasi lamaran yang dibutuhkan di Kemenkumham yakni Jabatan Terampil dan Perawat jumlah kebutuhan 180 formasi. Posisi tersebut dialokasikan khusus bagi pelamar Putra/Putri Papua dan Papua Barat.

CPNS Kemenkumham. Foto: Istimewa

Berdasarkan akun Facebook resmi Badan Kepegawaian Nagara (BKN) Kemenkum HAM paling banyak diminati masyarakat. Hingga Rabu (7/7) lalu ada 153.455 pelamar.

Di hari itu juga sudah sebanyak 920.561 pelamar telah mengisi formulir pada situs atau aplikasi SSCASN. Lalu, pelamar yang sudah menyelesaikan pendaftaran CPNS dan PPPK sebanyak 265.401 orang.

Untuk Tahapan seleksi
Pendaftaran Online di SSCN BKN, Seleksi Administrasi, Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan Computer Assisted Test (CAT), serta Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)

Adapun kriteria pelamar, sebagai berikut:

1. Kebutuhan Umum merupakan pelamar lulusan Perguruan Tinggi dan SLTA-Sederajat yang memenuhi kualifikasi pendidikan dan persyaratan sebagaimana dalam pengumuman ini;

2. Kebutuhan Khusus terdiri dari:

a. Putra/Putri Lulusan Terbaik Berpredikat Dengan Pujian (Cumlaude).

1) Pelamar yang merupakan lulusan dari perguruan tinggi dalam negeri dengan predikat kelulusan cumlaude dan berasal dari perguruan tinggi terakreditasi A/unggul dan program studi terakreditasi A/unggul pada saat kelulusan yang dibuktikan dengan tanggal kelulusan yang tertulis pada ijazah;

2) Pelamar dari lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri dapat mendaftar setelah mendapat penyetaraan ijazah dan surat keterangan yang menyatakan predikat kelulusannya setara cumlaude dari kementerian yang menyelenggarakaan urusan pemerintahan di bidang pendidikan, kebudayaan, ilmu pengetahuan, dan teknologi.

b. Penyandang Disabilitas adalah adalah pelamar yang memiliki keterbatasan atau kekurangan (disabilitas) fisik tertentu yang dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter rumah sakit pemerintah yang menerangkan jenis dan tingkat/derajat kedisabilitasan pelamar yang bersangkutan.

c. Putra/Putri Papua dan Papua Barat merupakan pelamar keturunan Papua/Papua Barat berdasarkan garis keturunan orang tua (salah satu atau kedua orang tua) asli Papua, dibuktikan dengan KTP Bapak/Ibu kandung, Akta Kelahiran atau surat keterangan lahir yang bersangkutan dan diperkuat dengan surat keterangan dari Kepala Desa/Lurah/Kepala Suku.

Syarat Pendaftaran umum CPNS 2021

1.Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) Asli;
2.Akte Kelahiran/Surat Keterangan Lahir;
3.Pas Foto 4x6;
4.Swafoto (Selfie);
5.Ijasah Asli;
6.Transkip Nilai Asli;
7.Surat Lamaran;
8.Surat Pernyataan;
9.Surat Keterangan Berbadan Sehat. (Asp)

Baca Juga

Kemenag Wilayah Aceh Dapat Jatah 44 CPNS dan 796 CPPPK

#Penerimaan CPNS #Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) #Kemenkumham
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan