Juara Dunia MotoGP Fabio Quartararo Ternyata Belum Punya SIM Sepeda Motor

Andrew FrancoisAndrew Francois - Rabu, 15 Juni 2022
Juara Dunia MotoGP Fabio Quartararo Ternyata Belum Punya SIM Sepeda Motor
Fabio Quartararo melihat bersepeda motor di luar trek berbahaya. (Foto: MotoGP)

PUNYA hobi memacu motor berkapasitas 1.000cc di sirkuit dengan kecepatan lebih dari 340 km/jam tak lantas membuat pembalap MotoGP ugal-ugalan di jalan raya. Beberapa pembalap bahkan mengaku hanya senang adu cepat di lintasan. Di luar lintasan mereka melakoni hidup sebagai warga negara biasa. Malahan, Fabio Quartararo terang-terangan berkata tak senang berkendara roda dua di luar lintasan.

Jangankan kebut-kebutan di jalan raya, peraih juara dunia satu kali MotoGP tersebut jarang terlihat mengendarai kendaraan roda empat maupun roda dua di luar trek. Bahkan, Quartararo berterus terang tak memilikii Surat Izin Mengemudi (SIM) sepeda motor.

"Saya tidak suka mengendarai motor di luar sirkuit. Saya lihat itu sangat berbahaya. Saya tidak punya SIM dan tak punya keinginan membuatnya sekarang," kata Quartararo, dikutip Motorsport.

Baca juga:

Fabio Quartararo, Anak Muda Ajaib dari Negeri Menara Eiffel

Fabio Quartararo lebih senang berkendara dengan mobil. (Foto: Instagram/@fabioquartararo20)

Pembalap berkebangsaan Perancis tersebut memang menyenangi olahraga adu cepat sepeda motor di lintasan sehingga berprofesi sebagai pembalap MotoGP merupakan impian nan akhirnya terwujud. Namun, bukan berarti pula di luar lintasan Quartararo harus selalu terlihat berkendara sepeda motor.

Bukan hanya Quartararo, ternyata beberapa pembalap MotoGP lain juga tak memiliki SIM. Jorge Lorenzo, Jack Miller, Marc Marquez, hingga juara dunia sembilan kali Valentino Rossi diketahui tak memiliki SIM.

Hal tersebut kemungkinan karena kebiasaan masyarakat Eropa lebih suka berkendara dengan mobil, terlebih dengan gaji selangit pembalap papan atas tentu tak akan kesulitan membeli kendaraan roda empat bertenaga besar. Misalnya saja Marc Marquez mengaku tak memiliki satu buah sepeda motor pun di rumahnya.

Baca juga:

Bursa Transfer Pembalap MotoGP 2023, Fabio Quartararo Pindah?

Marc Marquez bahkan tidak memiliki sepeda motor. (Foto: MotoGP)

"Jenis sepeda motor mana saya miliki? Saya bahkan tidak punya SIM. Itu bukan lelucon tapi kebenaran. Saya harus melakukan ujian (SIM) kapan-kapan, itu akan berguna," ungkap Marquez, Speedweek.

Sementara juara dunia balap motor lima kali Jorge Lorenzo menganggap tidak terlalu penting memiliki SIM sepeda motor baginya sebab lisensi tersebut tidak dibutuhkan untuk bersaing di MotoGP. Namun dirinya tetap memiliki SIM mobil sejak usia 18 tahun.

Sementara, Jack Miller menganggap SIM sepeda motor juga tak diperlukannya karena bekendara roda dua cukup di lintasan saja. "Saya tidak memiliki SIM. Maka dari itu kalau ada polisi jangan kasih tahu mereka," gurau Miller juga tidak terbiasa berkendara dengan sepeda motor sehari-hari. (waf)

Baca juga:

Tiru Pawang Hujan, Fabio Quartararo Jadi Aktor Terbaik Oscar 2022 Versi MotoGP

#MotoGP #Otomotif #Tips Otomotif #Teknologi
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan