Josh Brolin Nyobain Jemur Perineum, Efeknya Mengejutkan Josh Brolin. (foto: IMDB)

ENTAH apa yang ada di benak aktor Josh Brolin ketika ia tiba-tiba memutuskan mengikuti tren menjemur perineum. Yang pasti, pemeran Thanos itu langsung merasakan akibatnya: luka bakar parah.

Brolin rupanya terpancing kehebohan menjemur perineum yang banyak bertebaran di Instagram. Tanpa ragu, ia mencoba melakukan hal itu dan mengunggah hasilnya di Instagram. Alih-alih memberikan testimoni manfaat, Brolin malah mencak-mencak karena bagian anusnya menderita luka bakar yang parah. "Aku awalnya berencana pergi shopping bersama keluargaku. Namun, aku malah mengoleskan losion lidah buaya dan krim luka bakar seharian," ujarnya.

BACA JUGA: Thanos akan Kembali Sebagai Kameo di Film Marvel The Eternals

Di tengah kegeramannya, aktor 51 tahun itu juga mengumpat siapa pun yang memulai tren 'ajaib' tersebut. Ia bahkan dengan tegas tidak menyarankan siapa pun untuk melakukan apa yang ia lakukan. "Aku sarankan, jangan lakukan selama yang aku lakukan," ujarnya.

Sudah pasti pengalaman Brolin jadi banyolan kawan sesama selebritas. Ryan Reynolds mengomentari dengan tawa panjang.

Apa sih Jemur Perineum?

Ide awal 'kegiatan' ini diunggah pemilik akun @metaphysicalmeagen, Oktober lalu. Dalam unggahan foto yang memperlihatkan dirinya tengah menjemur perinium, influencer itu menambahkan caption yang menggugah. "Menjemur perineum merupakan praktik tua ala Toisme dari Timur jauh," ujarnya.

Meagan juga meyakinkan bahwa menjemur perineum membawa banyak manfaat, semisal memperkuat organ tubuh, mempertahankan kesehatan dan membuat panjang umur, menyeimbangkan energi seksual dan menjaga libido, hingga meningkatkan kualitas tidur.

Dengan penjelasan sedemikian rupa, tak sedikit orang yang mencoba menjemur perimeum mereka di bawah terik matahari. Namun sayang, pengalaman dan manfaat yang didapat tak seperti yang diungkap sang influencer.

Berbeda dengan berjemur yang umumnya menyinari bagian tubuh seperti punggung dan bagian depan, jemur perineum berfokus pada menjemur bagian pantat. Perineum adalah lapisan tipis antara lubang anus dan alat kelamin, baik vagina maupun penis.

Saat menjemur perineum, seseorang disarankan untuk berada dalam posisi tidur dengan kedua kaki diangkat tinggi. Dengan begitu, bagian anus, dan juga perineum, akan terpapar sinar matahari langsung. Posisi menjemur itu disarankan untuk dilakukan selama beberapa waktu, paling tidak selama 30 detik.

Ini Pendapat para Ahli

coast
Untuk mendapat manfaat yang sama, kamu bisa melakukan yoga atau rileksasi. (foto: pixabay/pexels)

Meski ramai dibahas di media sosial dan sang influencer mengklaim menikmati manfaatnya, praktik 'ajaib' itu tidak disarankan para ahli di ilmu kedokteran. Seperti dilansir Health, lapisan kulit tipis di bagian bawah tubuhmu itu tak seharusnya terpapar sinar matahari langsung. "Sebagai dermaotolog, aku tak merekomendasikan memaparkan perineum ke sinar matahari tanpa perlindungan," ujar Direktur Jefferson Laser Surgery and Cosmetic Dermatology Center Nazanin Saedi, MD kepada Health.

Saedi menambahkan bahwa area perineum faktanya amat butuh perlindungan dari sinar matahari, layaknya bagian tubuh lain. "Pakaian, atau dalam hal perineum: celana, akan memberikan perlindungan itu," katanya.

Senada, Pendiri Mount Kisco's The Center for Dermatology, Cosmetic & Laser Surgery, David E Bank mengatakan menjemur perineum amatlah berbahaya. "Kulit di bagian itu amatlah sensitif. Jika dilakukan dalam jangka waktu lama, hal itu bisa meningkatkan risiko kanker kulit," jelasnya.

Keduanya juga menekankan bahwa tak ada bukti ilmiah akan manfaat menjemur perineum. Terlebih jika ada cara yang lebih masuk akal untuk mendapat manfaat yang sama seperti disebutkan. "Misalnya, kamu bisa mencoba melakukan relaksasi, meditasi, dan mindfulness," saran Saedi.

Selain itu, tentang klaim yang menjemur perineum memberi lebih banyak asupan vitamin D, para ahli punya pendapat lain. Cara terbaik untuk menambah asupan vitamin D ialah minum suplemen. "Jumlah yang disarankan untuk asupan vitamin D dengan mudah didapat lewat suplemen dan diet yang sehat," saran dermatolog pada NYU Langone Health Anna Karp, DO.

Jadi intinya, dengan berkaca dari pengalaman Brolin dan saran para ahli, kamu benar-benar tak perlu menjemur bagian perineum. Kamu juga wajib selalu menjaganya tetap tertutup saat berada di tempat umum. Demi kesehatanmu dan orang sekitarmu.(dwi)

Penulis : Dwi Astarini Dwi Astarini
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Ariana Grande Kembali Digugat Perihal Plagiarisme di Lagu '7 Rings'
ShowBiz
Ariana Grande Kembali Digugat Perihal Plagiarisme di Lagu '7 Rings'

Digugat lagi? Polemik Lagu 7 Rings dari Ariana Grande tak kunjung usai.

Bosan #DiRumahAja? Yuk Ikut Tur Virtual Petersen Automotive Museum
Fun
Bosan #DiRumahAja? Yuk Ikut Tur Virtual Petersen Automotive Museum

Sambil duduk di rumah kamu akan dibawa langsung ke koleksi keren museum ini.

Tips Tetap Normal dan Waras di Masa Kenormalan Baru
Fun
Tips Tetap Normal dan Waras di Masa Kenormalan Baru

Berikut beberapa cara tetap normal di masa kenormalan baru:

3 Pernikahan Kerajaan Termahal Sepanjang Masa
Fun
3 Pernikahan Kerajaan Termahal Sepanjang Masa

Pernikahan termahal mencapai Rp 1,6 triliun.

Kerap Diprotes saat Down, Berikut Fakta Mengejutkan dari WhatsApp
Fun
Kerap Diprotes saat Down, Berikut Fakta Mengejutkan dari WhatsApp

Kerap Diprotes Saat Down, Ini Fakta Terbaru WhatsApp yang Mengejutkan

3 Game Baru Ramaikan Hari Jadi ke-60 SEGA
Fun
3 Game Baru Ramaikan Hari Jadi ke-60 SEGA

Yuk intip tiga game terbarunya di ulang tahun ke-60 SEGA.

Pentingnya Kebersihan Soft Furniture Rumah Saat Pandemi
Fun
Pentingnya Kebersihan Soft Furniture Rumah Saat Pandemi

Tingginya frekuensi kegiatan di dalam rumah, tentunya menambah paparan di soft furniture

Atasi Kecemasan dengan Film Horor
Fun
Atasi Kecemasan dengan Film Horor

Seram tapi bermanfaat.

Museum ini Pamerkan Lebih dari 100 Koleksi tentang Pizza
Fun
Museum ini Pamerkan Lebih dari 100 Koleksi tentang Pizza

Pengunjung dapat melihat tanda Pizzeria Due setinggi 3 meteri

Jangan Panik saat Musim Flu, Ini Urutan Gejala COVID-19
Fun
Jangan Panik saat Musim Flu, Ini Urutan Gejala COVID-19

Belum tentu kamu mengidap COVID-19 jika mengalami batuk dan demam.