Jose Rizal Manua Tahun Depan ke Jerman

Zulfikar SyZulfikar Sy - Selasa, 25 Oktober 2016
Jose Rizal Manua Tahun Depan ke Jerman
Jose Rizal Manua (foto: MerahPutih.com/diy)

Sebagai seniman bisa dibilang Jose Rizal Manua serba bisa. Orang memang kerap mengenalnya sebagai dramawan. Namun, ia juga penyair, juara baca puisi yang tidak terkalahkan, pengajar sastra di banyak instansi baik negeri maupun swasta.

Mudah ditemui di galeri buku Bengkel Deklamasi di Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat. Magister bidang film yang dicapainya di Institut Seni Indonesia, Solo, 2015, ini dikenal sebagai pelopor pembacaan 'puisi humor' yang telah dipentaskan di banyak tempat di negeri ini.

Tentu saja, ia juga merambah dunia film dan bermusikalisasi puisi. Wajar sosoknya dikenal tidak saja di kalangan seni, namun masyarakat pada umumnya. Kegiatan lelaki kelahiran Padang, Sumatera Barat, 14 September 1954, yang kegiatannya seabreg ini tidak membuatnya merasa terbebani.

"Semuanya mengalir dengan begitu saja. Namun, konsistensi berkarya saya jaga benar. Dunia seni adalah dunia kreatif, kita selalu bisa berkarya dalam keadaan dan kesempatan apapun," jelasnya, Selasa (25/10).

Jose bersama anak asuhnya menjadi Festival Teater Anak-anak Dunia ke-9 di Lingen, Jerman, 14-22 Juli 2006. Pada Desember 2013 sebagai penampil terbaik International Children' Festival of Performing Arts di New Delhi, India. Tahun depan ia akan ke Jerman sebagai pelatih dalam berbagai workshop teater.

"Saya akan mengajar di beberapa kota di Jerman. Saya diminta memberikan semua pengetahuan dan pengalaman yang aku punya tentang teater. Saya sendiri, tidak bersama Teater Tanah Air, namun tetap membawa bangsa," ungkapnya. (diy)

 

#Teater Tanah Air #Indonesia
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan