Josaphat Jakabramasta Tampil Percaya Diri di Babak Final IBC 2020 Josapahat Jakabramasta saat tampil di hadapan juri (Foto: MP/Rizki Fitrianto)

HARI ini, Sabtu (15/2), babak final Indonesia Barista Championship (IBC) resmi digelar. Pada babak final ini, enam barista bertanding dengan sangat ketat. Mereka ialah Josaphat Jakabramasta, Raymond Ali, Kelvin Situmorang, Arief Rachman, Mikael Jasin, dan Cindy Marta.

Josaphat Jakabramasta (Common Ground Roastery) berkesempatan tampil pertama di babak final IBC 2020. Saat waktu menunjukan pukul 13.52 WIB, Josaphat dengan begitu cekatan mempersiapkan peralatan dan juga beans yang akan digunakan untuk presentasi. Pada pukul 13.57 WIB, Josaphat selesai mempersiapkan beberapa item untuk presentasi didepan para juri.

Baca juga:

'Fashion' dan Kopi, Dua Hal yang Tak Bisa Dipisahkan

Pada penampilannnya kali ini, Josaphat mengenakan kemeja lengan pendek bernuansa pastel, dengan kombinasi celana hitam dan sneakers berwarna cokelat.

Mempresenstasikan kopinya menggunakan bahasa Inggris (Foto: MP/Rizki Fitrianto)

Saat waktu menunjukan pukul 14.00 WIB, para juri pun mulai memasuki area kompetisi. Tanpa basa basi, Josaphat langsung menyambutnya dengan jabatan tangan yang begitu ramah, satu paket dengan senyuman yang menawan.

Saat dimulainya presentasi, tak lupa juga Josaphat meminta musik favoritnya dimainkan. Musik bernuansa groove pun mengiri aksi Josaphat meracik kopi terbaik. Dentuman drum yang sedikit menghentak, ditambah petikan gitar dengan ritme upbeat, seakan membuat suasana lebih bersemangat, dan tubuh pun serasa tak kuasa ingin berdansa.

Dengan menggunakan bahasa inggris yang cukup fasih, Josaphat mengawali penampilannya dengan mempresentasikan pembuatan espresso. Jemarinya tampak begitu lihai kala mengoperasikan mesin espresso yang cukup canggih.

Gelas demi gelas espresso buatan Josaphat pun perlahan disuguhkan untuk para juri yang sudah ada dihadapannya. Dalam melakukan presentasinya tentang espresso, Josaphat begitu percaya diri.

Detail demi detail pembuatan espresso pun sangat jelas disampaikan oleh Josaphat. Barista berwajah indo ini juga memperlihatkan beberapa atraksi dan trik untuk menghasilkan epsresso yang nikmat.

Selain espresso , tak ketinggalan juga tentunya sajian milk beverage dan signature beverege yang dibuat dengan teknik dan trik khas Josaphat. Berbeda dari babak sebelumnya, dia melakukan presentasi dengan waktu yang sedikit lebih cepat namun tetap pada komposisi yang pas.

Usai melakukan presentasi, Josaphat tampak begitu lega dan bahagia, karena waktu presentasinya tak overtime "Akhirnya perjuangan selesai juga," ujar Josaphat saat menyelesaikan presentasi di babak final IBC 2020.

Yakin menjadi juara (Foto: MP/Rizki Fitrianto)

Selain itu, dari depan panggung, Josaphat pun merasa sangat yakin bisa meraih gelar juara, karena penampilannya kali ini lebih baik dari sebelumnya. "Sebetulnya hari ini lebih baik dari kemarin sih, malah pada final ini saya cenderung lebih tenang," ucap Josaphat.

Namun, ketika ditanya oleh MC soal optimis meraih gelar juara atau masuk tiga besar, Josaphat tak mengucapkan yakin menjadi juara. Yang jelas dia mengaku sudah memberikan yang terbaik. "Yahh yang terbaik aja lah pokonya. Presentasinya hampir sama seperti kemarin, cuma pelayanannya aga lebih cepat," tambahnya.

Sementara itu, usai Josaphat, giliran lima finalis lainnya yakni Raymond Ali (Luthier Coffee), Kelvin Situmorang (PT. Kopi Utama Indonesia), Arief Rachman (Visma Coffee), Cindy Marta (Shoot Me in The Head), dan Mikael Jasin (PT. Republik Kopi Nasional) beraksi.

Pemenang IBC 2020 nantinya akan mewakili Indonesia di WBC pada bulan Mei 2020 mendatang. Gelaran barista kelas dunia WBC akan dihelat di Melbourne, Australia.

Untuk informasi lebih lanjut tentang event IBC 2020, jangan lupa untuk terus update berita terbarunya di merahputih.com ya gengs. (ryn)

Baca juga:

Harus Nonton! Saksikan Live Streaming Keseruan Kompetisi Barista dan Brewers Cup di ICE 2020 di merahputih.com

Kredit : raden_yusuf


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH