"Jos Gandos", 5 Mobil Mewah dan Termahal yang Dimiliki Kepala Negara

Widi HatmokoWidi Hatmoko - Rabu, 22 Maret 2017
Bentley State Limousine

Untuk pertama kalinya mobil ditemukan pada tahun 1801 oleh Cugnot. Mobil pertama yang didesain dari sebuah kereta kuda yang dilengkapi dengan ban ini, menggunakan bahan bakar atau tenaga uap.

Lalu berkembang, pada tahun 1886 mobil menggunakan tenaga atau bahan bakar bensin. Mobil menggunakan bahan bakar bensin ini dibuat hampir bersamaan oleh penemu Jerman yang bekerja secara terpisah. Yaitu Karl Benz pada 3 Juli 1886 di Mannheim, Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach di Stuttgart.

Dari situlah, perkembang mobil semakin pesat dan didesain sedemikian rupa dengan dilengkapi berbagai fasilitas yang menunjang kenyamanan dan keamanan yang mengendarainya.

Saat ini mobil juga menjadi salah satu sarana tranportasi paling vital, terutama bagi para pejabat negara, atau pemimpin pemerintahan dalam menempuh perjalanan darat. Karena, dengan mengendarai mobil akan lebih mempercepat dalam menembus jalanan darat. Yang tentu saja, semua itu didesain lebih mewah dari mobil-mobil orang kebanyakan.

Nah, bicara soal mobil yang dipakai oleh kepala negara atau kepala pemerintahan, merahputih.com merangkum berbagai kendaraan mobil termahal yang dikendarai oleh kepala-kepala negara atau kepala pemerintahan di berbagai negara. Seperti apa saja, berikut artikelnya:

5. Maybach 62 Limousine, Milik Kerajaan Thailand

Maybach 62 Limousine

Mobil super mewah ke lima adalah Maybach 62 Limousine. Mobil ini adalah mobil resmi yang dipakai oleh Raja Thailand Bhumibol Adulyadej dan keluarganya. Mobil super mewah ini dibanderol dengan harga US$ 500.000 atau setara dengan Rp 6,94 miliar. Kehebatan dari mobil ini dilengkapi dengan mesin V12 dan interior yang sangat apik. Selain itu mobil ini juga dilengkapi dengan fitur elektronik lain seperti system DVD dan VCD, kulkas, dan video games.

4. Mercedes Benz M Class, Milik Pemerintah Vatikan

Mercedes Benz M Class-caravidse

Mobil keluaran khusus Mercedes Benz M Class berhasil menduduki posisi ke empat dalam daftar mobil termahal di dunia. Mobil ini sengaja didesain untuk dapat mengantar Uskup Agung bepergian. Kendaraan yang dilengkapi dengan peralatan canggih, dilengkapi dengan perangkat anti peluru ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 7,29 miliar.

3. Hongqi Limousine, Kendaraan Resmi Pemerintah Tiongkok

Hongqi Limousine-businesinsider

Mobil mewah paling mahal di dunia lainnya adalah Hongqi Limousine. Mobil ini adalah kendaraan resmi kenegaraan pemerintah Tiongkok sejak tahun 1958. Mobil ini dijual dengan harga 800 ribu dolar AS, atau sekitar Rp 9,253 miliar. Mobil tersebut menjadi Roll-Royce buatan Tiongkok, dengan desain bergaya retro yang ditandai dengan lampu depan bulat, serta kisi-kisi radiator yang besar dengan bilah vertikal chrome. Kendaraan ini dipersembahkan oleh grup China FAW, di mana mantan pemimpin Tiongkok Mao Zedong sebagai salah satu kepala perusahaan itu. Presiden Jokowi pernah menaiki kendaraan ini saat mengikuti Forum Kerja Sama Asia Pasifik (APEC) di Tiongkok beberapa tahun silam.

2. Cadillac One, Kendaraan Presiden Amerika Serikat

Cadillac One-digitaljunk

Cadillac One adalah mobil tercanggih ke dua di dunia. Cadillac One adalah produk keluaran General Motors (GM) Cadillac yang didesain khusus melindungi orang nomor satu Amerika Serikar dalam kegiatan dinasnya sehari-hari.

Limousine ini biasa dikenal dengan sebutan "The Beast" dan semua penuh rahasia. Pemerintah di negeri Paman Sam itu sengaja tidak pernah membeberkan secara detail spesifikasi dari tunggangan tersebut. Maklum mobil ini lebih mirip dengan “bungker baja berjalan” yang menjadi tameng terakhir Barack Obama dari serangan bahaya musuh, jika melakukan kunjungan di dalam maupun luar negeri. Harga mobil ini pun sangat fantastis, yaitu sekitar Rp 20, 8 miliar.

1. Bentley State Limousine, Kendaraan Ratu Inggris

Bentley State Limousine

Bentley State Limousine adalah mobil termahal yang dipakai oleh Ratu Inggris. Harga mobil yang dikeluarkan oleh pabrik mobil Bentley ini dibanderol dengan harga US$ 15juta atau setara dengan Rp 208miliar. Selain dibuat khusus untuk memenuhi kebutuhan perjalanan ratu Inggris, mobil ini juga dibuat bertepatan dengan ulang tahun ke-50 dari Bentley. Mobil ini menjadi kendaraan roda empat super mewah. Karena dilengkapi dengan berbagai perangkat teknologi dan alat-alat canggih, termasuk layar sentuh dan sistem audio 2200 watt dengan 20 speaker.

Wah, "Jos Gandos" alias luar biasa ya, Sahabat Merahputih? Ternyata, seiring perkembangan zaman desain mobil ini semakin canggih serta memiliki fasilitas yang membuat pengendara dan penumpangnya merasa lebih aman dan nyaman. Harganya pun, selangit. Untuk melihat artikel lainnya, baca juga: Demokrat Minta Istana Luruskan Pernyataan Soal Mobil SBY

#Mobil Unik #Mobil #Mobil Konsep
Bagikan
Ditulis Oleh

Widi Hatmoko

Menjadi “sesuatu” itu tidak pernah ditentukan dari apa yang Kita sandang saat ini, tetapi diputuskan oleh seberapa banyak Kita berbuat untuk diri Kita dan orang-orang di sekitar Kita.
Bagikan