Jongkong Puding Tradisional Khas Bangka Belitung Jongkong. (Instagram/ miccapoohpao)

Merahputih.com baru saja mengulas satu makanan khas Bangka, yaitu mie Bangka. Mie ini terkenal enak dan sudah menyebar ke banyak kota besar di Indonesia. Kali ini, Anda bisa mencoba makanan khas lainnya dari Provinsi Bangka Belitung sebagai makanan penutup. Namanya jongkong.

Bangka Belitung menjadi daerah yang memang cukup terkenal akan kuliner yang dimilikinya. Dan, kue Jongkong menjadi salah satu makanan khas Bangka Belitung yang hingga kini masih banyak diminati oleh masyarakat Belitung.

Kue jongkong merupakan makanan enak yang terbuat dari campuran tepung beras dan tepung tapioka. Kue tradisional jongkong khas Bangka Belitung ini biasanya memiliki tiga lapis warna coklat, putih dan hijau, namun ada juga yang membuatnya hanya satu warna saja atau hanya dua warna putih dan hijau.

Bagian bawah diisi dengan gula merah cair, bagian tengah warna hijau dengan pewarna alami dari pandan, sedangkan lapisan atas jongkong putih yaitu perpaduan tepung dan santan. Lembut jongkong dengan manis gula di bagian dalam ini yang membuat orang tak cukup satu dua memakannya.

Tidak hanya tiga lapis warna. Jongkong juga memiliki variasi rasa yang masih dari bahan tradisional. Ada jongkong bubur sumsum, jongkong lapis, dan jongkong ketan hitam. Namun, jongkong original tetap menjadi primadona. Kue jongkong ini termasuk salah satu jenis kue yang sangat mudah untuk Anda buat sendiri di rumah.

Kue jongkong khas Bangka Belitung. (Instagram/ dapoeryos)
Kue jongkong khas Bangka Belitung. (Instagram/ dapoeryos)

Makanan khas Bangka Belitung jongkong hampir mirip dengan makanan khas dari Banten bernama jojorong. Bedanya jojorong tidak ada lapisan hijau, hanya putih dengan bagian dalam gula merah. Selain itu, jojorong dikukus dengan wadah buatan sendiri dari daun pisang. Jojorong biasanya hanya ada pada bulan puasa atau perayaan-perayaan besar.

Jongkong dibuat dalam wadah plastik berukuran kecil. Pada mulanya, jongkong dibuat dengan potongan kaleng bekas. Kemudian seiring perkembangan zaman dibuatlah jongkong dengan wadah plastik agar lebih praktis. Namun, jongkong tidak hanya dijual di jalanan, beberapa pedagang juga membuat wadah jongkong dari gelas transparan agar penampilan lebih cantik dan menggugah selera.

Jongkong bisa ditemukan di pasar-pasar tradisional atau warung-warung. Makanan satu ini juga bisa menjadi menu berbuka yang nikmat saat bulan Ramadan.

Kue jongkong khas Bangka Belitung. (Instagram/
Kue jongkong khas Bangka Belitung. (Instagram/ nov1)

Kalau Anda melancong ke Bangka Belitung, jongkong bisa menjadi salah satu makanan lokal incaran saat masuk pasar tradisional. Tapi, sebaiknya jongkong tidak dibawa menjadi oleh-oleh, terutama untuk Anda yang harus menghabiskan waktu lama di perjalanan. Jongkong merupakan campuran santan yang kental sehingga tidak tahan terlalu lama. (*)

Baca juga artikel lain tentang kuliner dari Bangka Belitung dalam artikel: Mie Bangka, dari Hakka hingga Akrab di Lidah Indonesia

Kredit : zulfikar


Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH