Jonan Perkirakan Divestasi Freeport Empat Miliar Dolar Menteri ESDM Ignasius Jonan. (ANTARA FOTO/Widodo S Jusuf)

MerahPutih.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan memperkirakan divestasi sebanyak 51 persen dari PT Freeport Indonesia senilai empat miliar dolar AS.

Jonan mengatakan, terkait valuasi jika diproyeksikan bahwa Freeport McMoran (FCX) di bursa saham New York memiliki nilai pasar 20,74 miliar dolar AS, maka kontribusi Freeport Indonesia kira-kira 40 persen dari nilai tersebut.

Dalam rapat bersama Komisi VII DPR di Komplek DPR, Senayan, Jonan menjelaskan, 40 persen dari 20,74 miliar dolar AS kira-kira sebesar delapan miliar dolar AS.

Maka, jika divestasi mayoritas akan diambil oleh Indonesia, setidaknya kurang lebih harus dipersiapkan sekitar empat miliar dolar AS. Sebab, mengacu divestasi 51 persen dari delapan miliar dolar AS.

"Kalau itu direferensi, rata-rata dalam 5-10 tahun kontribusi profitnya dari operasi Grasberg atau PTFI itu sekitar 40 persen," kata Jonan di Jakarta, Senin (9/10).

Persoalan kontrol, menurut Jonan, saat ini masih dalam tahap pembicaraan. Namun, memang sudah memiliki komitmen sejak awal bahwa untuk pelaksanaan tambang tetap dilaksanakan oleh Freeport McMoran. "Tapi manajerial atau pengaturan tetap di bawah pemerintah Indonesia," katanya.

Keputusan perpanjangan sendiri, pemerintah menegaskan jika hal tersebut akan diberikan jika persyaratan yang ditawarkan Indonesia telah disepakati di antaranya divestasi 51 persen. "Kedua, telah berkomitmen membuat smelter dan ketiga terkait penerimaan negara harus lebih besar," katanya.

Sedangkan strategi untuk mengarah kepada hal teknis tersebut, pemerintah akan membahasnya secara tertutup. (*)

Sumber: ANTARA


Tags Artikel Ini

Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH