Jomlo? Mungkin harus ke Curug Cantel Tegal Curug Cantel (Instagram/joharis13_)

BAGI masyarakat Tegal tentunya akrab dengan destinasi wisata Curug Cantel. Curug ini terletak di Desa Sigedong Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal.

Suara air terjun yang jatuh dari ketinggian sekitar 70 meter dan rimbunnya pepohonan akan menyambut para pengunjung saat memasuki kawasan Curug Cantel.

Bagi yang senang dengan keasrian alam, Curug Cantel bisa menjadi pilihan. Curug ini cukup jauh dari jalan utama sehingga terhindar dari polusi suara dan udara.

Anda harus berjalan kaki terlebih dahulu sekitar 400 meter dari parkiran sebelum memasuki area. Meski cukup jauh, dijamin Anda akan terobati dengan keindahan yang ada di sana.

Mitos enteng jodoh di Curug Cantel

keindahan Curug Cantel memang luar biasa (Instagram/
Keindahan Curug Cantel memang luar biasa (Instagram/mkz1410)

Keindahan alam di curug ini memang begitu mempesona. Bahkan saat berjalan dari parkiran menuju curug, Anda sudah disuguhkan dengan pemandangan yang luar biasa.

Selain pesonanya, ada satu alasan kenapa curug ini banyak didatangi oleh para wisatawan. Konon, Curug Cantel dipercaya mampu membuat seseorang mudah mendapatkan jodoh.

Jurug Cantel banyak didatangi para jomblo (Instagram/putrizaen_31)
Curug Cantel banyak didatangi para jomblo (Instagram/putrizaen_31)

Warga setempat percaya jika sepasang kekasih yang datang ke sana dan mengambil airnya, maka pasangan tersebut akan langgeng. Begitu pula bagi para jomlo. Jika mengambil air di Curug Cantel dan membasuh ke wajah maka akan dimudahkan jodohnya.

Mitos ini tak lepas dari nama curug itu sendiri. kata 'cantel' dari Curug Cantel berasal dari bahasa Jawa 'Canthel' yang artinya ikat atau rangkul.

Akses menuju Curug Cantel

keindahan Curug Cantel memang luar biasa (Instagram/ras_83845)
Keindahan Curug Cantel memang luar biasa (Instagram/ras_83845)

Bagi yang ingin datang ke Curug Cantel, Anda bisa menempuhnya melalui jalur Kecamatan Bumijawa. Dari sana Anda bisa lurus saja hingga bertemu pertigaan Talang.

Kemudian belok kiri melalui jalan Wredameta. Setelah itu ambil arah kiri menuju Desa Batumirah – Srimapog hingga perempatan Mentik. Lurus terus menuju Desa Kalipedes. Dari sana Anda bisa bertanya lokasi Curug Cantel kepada warga.

Keindahan Curug Cantel memang luar biasa (Instagram/r4hm4n2208)

Selain itu Anda juga harus mempunyai stamina dan tenaga yang cukup. Karena track dari parkiran menucu curug agak sulit karena menanjak. Anda juga harus berhati-hati karena jalan licin terutama pada musim penghujan.

Sahabat MerahPutih, apakah Anda tertarik datang ke Curug Cantel?

Selain Curug Cantel ada banyak lho wisata landscape lainnya. Anda bisa baca artikelnya di bawah ini:

Curug Goa Segitiga, Wisata Paling Ekstrem di Bogor

Curug Putri Wisata Alam Primadona Pandeglang

Ritual Mencari Jodoh di Kawasan Wisata Curug Ciputri Kuningan

Curug Cipamingkis, Wisata Alam Bagi Para Jomlo

Tiga Wisata Curug Ekstrem di Bogor Menurut Merahputih.com


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH