Jokowi Yakin Stimulus APBN Pulihkan Sektor Swasta

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Selasa, 28 Juli 2020
Jokowi Yakin Stimulus APBN Pulihkan Sektor Swasta
Presiden Joko Widodo dalam rapat kabinet. (Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)

MerahPutih.com - Pemerintah memberikan berbaga stimulus pada sektor dunia usaha atau swasta di saat pandemi dengan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), agar ekonomi segera pulih.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, belanja pemerintah menjadi instrumen yang dapat dijadikan daya ungkit untuk memulihkan ekonomi. APBN tercatat berkontribusi kurang lebih 14,5 pada Produk Domestik Bruto (PDB) negara.

“Mesin penggerak ekonomi ini harus diungkit dari APBN kita yang terarah dan tepat sasaran,” kata Jokowi.

Baca Juga:

Pemprov DKI Diminta Tak Aneh-aneh Pakai Utang Rp12,5 Triliun

Ia menekankan pentingnya untuk tidak melupakan agenda-agenda besar dan strategis bagi bangsa ini, Meskipun, Indonesia masih dihadapkan pada situasi krisis dan sulit akibat pandemi COVID-19.

“Terutama agar kita keluar dari middle income trap dan sejak 1 Juli Indonesia telah masuk meraih predikat aktor middle income country tapi untuk keluar dari middle income trap ini masih besar dan panjang,” katanya.

Presiden Jokowi
Presiden Jokowi saat rapat. (Foto: Antara).

Jokowi mengingatkan, situasi ekonomi global berkembang sangat dinamis, penuh dengan ketidakpastian. Beberapa lembaga keuangan dunia juga selalu merevisi prediksi-prediksi atas pertumbuhan ekonomi global di tahun 2020 maupun perkiraan di 2021.

"Artinya, sekali lagi, masih penuh dengan ketidakpastian meskipun di tahun 2021 IMF, Bank Dunia, maupun OECD meyakini bahwa perekonomian akan mulai tumbuh positif di tahun 2021," katanya.

Baca Juga:

KPK Usut Dugaan Aliran Duit ke Cak Imin Terkait Suap Kemen-PUPR

#Resesi Ekonomi #Ekonomi Indonesia #Jokowi
Bagikan
Bagikan