Jokowi Ungkap Energi Hijau Mampu Tingkatkan Pemerataan Pembangunan Indonesia

Mula AkmalMula Akmal - Kamis, 07 Desember 2023
Jokowi Ungkap Energi Hijau Mampu Tingkatkan Pemerataan Pembangunan Indonesia
Presiden Joko Widodo memberikan keterangan kepada wartawan di Jakarta, Senin (4/12/2023). ANTARA/Rangga Pandu

MerahPutih.com - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengemukakan investasi energi hijau dan energi biru yang ramah lingkungan merupakan peluang bagi Indonesia dalam upaya meningkatkan pemerataan pembangunan nasional.

"Yang berkaitan dengan pemerataan pembangunan, bahwa sekarang investasi di luar Jawa sudah 52 persen, investasi di Jawa 48 persen. Artinya, di luar Jawa sudah lebih besar dari investasi yang ada di Jawa, ini benar," kata Presiden Jokowi saat membuka Rapat Koordinasi Nasional Investasi 2023 diikuti dalam jaringan (daring) di Jakarta, Kamis.

Baca Juga:

Ganjar Akui Diskusi dengan Jokowi sebelum Putuskan Maju di Pilpres 2024

Ia mengatakan Indonesia perlu bertransisi pada pengembangan industri ramah lingkungan dan berkelanjutan guna menangkap peluang pasar investasi global.

Misalnya, kata Jokowi, yang berkaitan dengan geotermal yang dalam dua bulan terakhir mengalami lompatan saham tujuh hingga sepuluh kali lipat di bursa Indonesia karena berada di lingkaran green energy.

Selain itu, industri pembangkit panel surya dan tenaga air, juga menjadi peluang investasi ke depan yang sangat menjanjikan bagi Indonesia, kata Jokowi menambahkan.

Baca Juga:

Diresmikan Presiden Jokowi, SPAM Kali Dendeng Kupang Bisa Aliri 15 Ribu Rumah Tangga

"Sehingga peluang green economy harus ditangkap, yang namanya blue economy investasinya segera dikejar. Karena ke depan akan sangat sulit produk yang berkaitan tidak ramah lingkungan bisa diterima di banyak negara," katanya.

Dalam kesempatan itu, Jokowi menyampaikan arahan kepada pemangku kepentingan terkait, termasuk jajaran pemerintah pemerintah daerah, untuk mendorong investasi yang merata hingga di luar Pulau Jawa melalui dukungan pemerintah pusat dalam penyediaan infrastruktur yang memadai.

Presiden Jokowi juga menekankan pentingnya peran pemerintah dalam menjalin kolaborasi pengusaha asing dan domestik dalam mewujudkan pemerataan pembangunan nasional. (*)

Baca Juga:

Presiden Jokowi Tiba di Labuan Bajo dalam Kunjungan 3 Hari ke NTT

#Joko Widodo #Presiden Joko Widodo
Bagikan
Ditulis Oleh

Mula Akmal

Bagikan