Jokowi Ungguli Prabowo di Kalangan Pemilih Emak-emak dan Wong Cilik

Andika PratamaAndika Pratama - Jumat, 12 April 2019
Jokowi Ungguli Prabowo di Kalangan Pemilih Emak-emak dan Wong Cilik
Capres nomor urut 01 Joko Widodo dan (kanan) Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto tengah mengundi pertanyaan tema Debat Pilpres Kedua dari penelis. Foto: Merahputih.com / Rizki Fitrianto

MerahPutih.com - Pasangan nomor urut 01, Jokowi-Ma'ruf unggul di sektor wong cilik dengan dalam rentang 60.9 persen-70.8 persen. Sementara dukungan Prabowo-Sandi di pemilih wong cilik dalam rentang 29.2 persen-39.1 persen.

Peneliti LSI Denny JA, Ardian Sopa mengatakan, dari kalangan pemilih wong cilik, Jokowi-Maruf juga selalu unggul dari Prabowo-Sandi dengan keunggulan rata-rata di atas 20 persen.

Jokowi-Ma'ruf Amin
Jokowi-Ma'ruf Amin

"Menang telak di pemilih wong cilik, menjadi salah satu kekuatan utama dari pasangan Jokowi-Maruf," terang Ardian dalam keterangannya, Sabtu (12/4).

Selain itu, dari segmen emak-emak (perempuan), Jokowi-Maruf juga unggul telak dari pasangan Prabowo-Sandi. Saat ini, dukungan Jokowi-Maruf di pemilih emak-emak dalam rentang 59.9 persen-69.8 persen.

Sementara dukungan terhadap Prabowo-Sandi di pemilih emak-emak, dalam rentang 30.2 persen- 40.1 persen

Menurut Ardian, lemilih emak-emak menjadi salah satu lumbung suara bagi pasangan Jokowi-Maruf. Sejak Agustus 2018, Jokowi-Maruf selalu unggul di atas dua digit dari pasangan Prabowo-Sandi. Meskipun sejak awal, Prabowo-Sandi selalu mengkampanyekan program emak-emak, namun terlihat bahwa kampanye tersebut tidak berefek signifikan terhadap elektabilitas.

"Keunggulan Jokowi-Maruf di pemilih emak-emak ini salah satunya disebabkan karena tingginya kepuasaan mereka terhadap kinerja Jokowi dalam bidang ekonomi," ungkap dia.

Di pemilih terpelajar, Jokowi-Maruf juga unggul dari pasangan Prabowo-Sandi. Meskipun segmen ini adalah segmen dimana keunggulan Jokowi-Maruf paling kecil dibandingkan dengan keunggulan di segmen yang lain. Bahkan di sejumlah surveisebelumnya, Jokowi-Maruf kalah dari pasangan Prabowo-Sandi.

"Misalnya di survei Februari 2019, Prabowo-Sandi memperoleh dukungan di segmen ini sebesar 45.4 %, sementara Jokowi-Maruf memperoleh dukungan sebesar 36.1 %;" terang Ardian.

Prabowo-Sandiaga

Bukan hanya itu, pemilih milienial (usia dibawah 40 tahun) adalah salah satu kantong pemilih Jokowi-Maruf. Sejak Agustus 2018, Jokowi-Maruf juga unggul telak dari pasangan Prabowo-Sandi di pemilih milenial.

Saat ini, dukungan Jokowi-Maruf di pemilih milenial dalam rentang elektabilitas 54.9 %-64.8 %. Sementara dukungan Prabowo-Sandi di pemilih milienal dalam rentang elektabilitas 35.2 persen-45.1 persen. (Knu)

#Prabowo-Sandiaga #Jokowi-Ma'ruf Amin #Pilpres 2019 #Pemilu 2019
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan