Jokowi Turun Langsung Kunjungi Kasus Stunting yang Tinggi di NTT Presiden Joko Widodo di NTT. (Foto: Antara)

MerahPutih.com - Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan provinsi prioritas penanganan stunting dengan prevalensi 37,8 persen di tahun 2021.

Presiden Joko Widodo mengunjungi NTT untuk melihat kondisi warga disana.

Jokowi memandang perlu pendampingan calon pengantin untuk mencegah bertambahnya kasus kekerdilan terhadap anak atau stunting (tengkes).

Baca Juga:

Rusia Balas Usir Diplomat Amerika Serikat

"Saya lihat di lapangan stunting tidak hanya urusan gizi anak, tetapi dimulai dari calon pengantin yang harus disiapkan agar mereka tahu betul apa yang harus disiapkan sebelum nanti menikah dan sebelum nanti hamil," kata Presiden dalam kutipan video wawancara saat kunjungan kerja ke Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur, Kamis, (24/3)

Menurut Presiden, tidak semua calon pengantin mengetahui berbagai persiapan untuk pencegahan tengkes, bahkan dari kalangan masyarakat dengan ekonomi menengah ke atas sekalipun.

"Oleh karena itu, perlu pendampingan calon-calon pengantin agar setelah menikah itu bisa tahu apa yang harus mereka lakukan yang berkaitan dengan gizi anak," ujarnya.

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menyatakan, kunjungan Presiden Joko Widodo ke Desa Kesetnana, Kecamatan Mollo Selatan, Nusa Tenggara Timur (NTT), merupakan bentuk keseriusan negara dalam menghadapi stunting pada anak.

"NTT tertinggi dari angka rata-rata prevalensi stunting semua provinsi di Tanah Air yang mencapai 24,4 persen,” kata Kepala BKKBN Hasto Wardoyo kepada wartawan, di Jakarta, Kamis (24/3).

Hasto mengatakan Desa Kesetnana yang akan dikunjungi oleh Presiden Joko Widodo pada Kamis (24/3), menjadi gambaran umum dari 278 desa yang ada di Kabupaten Timor Tengah Selatan yang memiliki angka prevalensi kekerdilan mencapai 48,3 persen berdasarkan Studi Status Gizi Indonesia (SSGI) 2021.

Desa tersebut juga menjadi fokus utama Presiden karena kekerdilan yang terjadi disebabkan oleh sulitnya warga mendapatkan akses air bersih, kondisi ekonomi yang miskin dan rendahnya pendidikan.

Sehingga hampir sebagian besar warga Desa Kesetnana, tidak memiliki jamban yang layak dan tak paham pentingnya edukasi kesehatan.

Di sisi lain, Presiden juga menyoroti hasil dari data SSGI 2021 yang menyebutkan NTT masih memiliki 15 kabupaten berkategori merah atau memiliki angka prevalensi kekerdilan di atas 30 persen.

Petugas melakukan pengukuran tinggi badan dalam pelayanan Posyandu di RW 03 Kelurahan Kartini, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Senin (15/11/2021). ANTARA/HO-Kominfotik Jakarta Pusat.
Petugas melakukan pengukuran tinggi badan dalam pelayanan Posyandu. (Foto: Antara)

Bahkan tujuh kabupaten/kota berkategori kuning atau angka prevalensinya menyentuh 20 hingga 30 persen.

Mirisnya lagi, tak ada satupun kabupaten/kota yang berstatus hijau atau berpravelensi kekerdilan antara 10 hingga 20 persen.

Hasto menekankan persoalan tingginya angka prevalensi kekerdilan di NTT tak hanya bicara mengenai kesehatan ataupun kekurangan gizi pada anak saja.

Tetapi juga bagaimana sebuah keluarga mendapatkan akses fasilitas pelayanan kesehatan, dampak dari faktor kemiskinan serta rendahnya pendidikan yang menyebabkan pola asuh keluarga menjadi salah.

Hasto turut menekankan apabila pelibatan mitra kerja sangat penting untuk memperluas jangkauan intervensi, sesuai dengan kebutuhan sasaran dan potensi yang dimiliki mitra kerja.

Dengan demikian, dibutuhkan kerja sama dari semua pihak agar NTT dapat menurunkan angka kekerdilan tersebut.

“Sebagai salah satu unsur pentahelix dalam wujud konvergensi percepatan penurunan stunting, mitra kerja memiliki peran dan kontribusi bersama pemerintah,” kata Hasto.

Wakil Gubernur NTT, Josep Nae Soi mengakui, kasus stunting di NTT juga tinggi.

"Beliau mau lihat bagaimana ikhtiar dari Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Daerah di Kabupaten / Kota yang ada di NTT. Sehinga tujuan utama Bapak Presiden Jokowi itu yang pertama karena NTT dijuluki dengan tingkat kemiskinan ekstrim dan tingkat kasus stunting di NTT yang masih tinggi," ucap dia.(knu)

Baca Juga:

Ini 8 Muatan Materi Dasar RUU TPKS

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
[HOAKS atau FAKTA]: Malaysia Jual Pulau demi Lunasi Utang ke Indonesia
Indonesia
[HOAKS atau FAKTA]: Malaysia Jual Pulau demi Lunasi Utang ke Indonesia

Beredar sebuah video pada media sosial Facebook disertai dengan narasi Malaysia akan menjual pulau demi melunasi utang ke Indonesia.

Cegah Penyebaran Cacar Monyet, Bandara Soetta Perketat Pengawasan
Indonesia
Cegah Penyebaran Cacar Monyet, Bandara Soetta Perketat Pengawasan

Kepala KKP Kelas I Bandara Soekarno-Hatta Darmawali Handoko mengatakan, pengawasan kesehatan dilakukan dengan pengamatan visual untuk memastikan apakah ada gejala monkeypox, pada awak dan penumpang pesawat internasional, yang baru mendarat di Bandara Soetta.

Muzani Ancam Kader Gerindra yang Tak Loyal Dukung Prabowo Jadi Capres 2024
Indonesia
Muzani Ancam Kader Gerindra yang Tak Loyal Dukung Prabowo Jadi Capres 2024

Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani menghadiri pengukuhan pengurus DPC Partai Gerindra Kabupaten Lumajang pada Kamis (1/9). Pada kesempatan ini Muzani menegaskan bahwa calon presiden dari Partai Gerindra hanya satu yakni Prabowo Subianto.

Tiga Skenario Urai Puncak Kemacetan Mudik Jawa Barat
Indonesia
Tiga Skenario Urai Puncak Kemacetan Mudik Jawa Barat

Polisi mengimbau masyarakat untuk mencari terlebih dahulu informasi jalur yang akan dilalui.

Polda Metro Jaya Gerebek Kantor Pinjol Ilegal di Manado
Indonesia
Polda Metro Jaya Gerebek Kantor Pinjol Ilegal di Manado

Auliansyah menjelaskan penggerebekan tersebut dilakukan pada Selasa (29/11) dengan bantuan dari Polda Sulawesi Utara.

Satgas Minta Warga Tak Takut Berlebihan Munculnya Varian Omicron XE
Indonesia
Satgas Minta Warga Tak Takut Berlebihan Munculnya Varian Omicron XE

Dunia kini digegerkan lagi dengan adanya varian baru COVID-19. Yakni varian Omicron XE.

Polda Metro Jaya Larang Anggotanya Mudik Lebaran
Indonesia
Polda Metro Jaya Larang Anggotanya Mudik Lebaran

Kemeriahan mudik lebaran sepertinya tak bakal dialami anggota Polisi di Polda Metro Jaya. Pasalnya, para polisi perlu mengamankan arus mudik sampai dengan 9 Mei 2022. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan mengungkapkan, polisi sebagai aparat keamanan diwajibkan mengamankan jalannya proses mudik masyarakat. Khususnya, dalam menjaga keamanan serta ketertiban selama arus mudik.

Hari Ini Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra Dimakamkan di TMP Kalibata
Indonesia
Hari Ini Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra Dimakamkan di TMP Kalibata

Setelah disemayamkan di rumah duka, jenazah Azyumardi direncanakan dishalatkan di Auditorium Harun Nasution UIN Jakarta pada Selasa (20/9) pukul 08.00 WIB.

PBNU Tunjuk Gudfan Arif Ghofur jadi Plt Bendahara Umum
Indonesia
PBNU Tunjuk Gudfan Arif Ghofur jadi Plt Bendahara Umum

Selain santri dan putra kiai, ia pengusaha muda yang bergerak di sektor riil, IT, Migas dan tambang.

Badan Pangan Nasional Jamin Harga Stabil Jelang Lebaran, Sediakan Alternatif Daging Sapi
Indonesia
Badan Pangan Nasional Jamin Harga Stabil Jelang Lebaran, Sediakan Alternatif Daging Sapi

Harga dan stok pangan masih menjadi keluhan masyarakat Indonesia, apalagi sudah mendekati Hari Raya Idul Fitri, dimana kebutuhan bahan pokok meningkat. Badan Pangan Nasional (Bapanas) menegaskan akan menjaga harga pangan baik di tingkat hulu maupun hilir di Tanah Air.