Jokowi Tunjuk Mendagri Tito sementara Merangkap Menpan RB

Wisnu CiptoWisnu Cipto - Selasa, 05 Juli 2022
Jokowi Tunjuk Mendagri Tito sementara Merangkap Menpan RB
Menteri Dalam Negeri, Jenderal Polisi (Purn) Muhammad Tito Karnavian. ANTARA/HO-Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri

MerahPutih.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) ad interim. Penunjukkan Tito ini dilakukan setelah Menteri PANRB Tjahjo Kumolo tutup usia pada Jumat, 1 Juli 2022 lalu.

Keputusan Jokowi ini berdasarkan surat B-596/M/D-3/AN.00.03/07/2022 yang ditandatangani Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Praktikno bertanggal 4 Juli 2022.

Baca Juga:

Menteri Tjahjo Kumolo Setuju ASN Terapkan WFH setelah Libur Lebaran

Isi surat menunjuk Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menjabat sebagai Menteri PANRB ad interim dan mulai aktif bertugas berlaku sejak surat tersebut ditandatangani.

"Berkenaan dengan wafatnya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, dengan hormat kami beri tahukan bahwa Bapak Presiden berkenan menunjuk Menteri Dalam Negeri sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ad interim, dari tanggal 4 s.d. 15 Juli 2022," tulis surat yang ditandatangani Mensesneg Praktikno, dilansir dari laman Kemenpan-RB, Selasa (5/7).

Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana bertakziah ke rumah duka almarhum Tjahjo Kumolo di kompleks Menteri Widya Chandra, Jakarta, Sabtu (2/7). ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden

Diketahui, Tjahjo meninggal dunia di RS Abdi Waluyo, Jakarta Pusat setelah mendapatkan perawatan intensif. Jenazah almarhum dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata pada Jumat (1/7) sore.

Saat pemakaman, Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak bisa hadir karena masih dalam perjalanan pulang dari kunjungan ke luar negeri. Jokowi dan Ibu Negara Iriana baru sempat bertakziah ke rumah duka Menpan RB Tjahjo Kumolo di kompleks Menteri Widya Chandra, Jakarta, keesokan harinya, Sabtu (2/7).

Baca Juga:

Menpan RB Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia

Sejak Tjahjo dirawat di rumah sakit, posisi Menpan-RB untuk sementara awalnya digantikan Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD secara ad interim.

Hingga kini meski Tito ditunjuk sebagai Menpan RB ad interim, belum ada titik terang siapa yang bakal menggantikan posisi Tjahjo secara definitif. (Knu/Pon)

Baca Juga

Gibran Kenang Tjahjo Kumolo sebagai Menteri yang Suka Kuliner Pinggir Jalan

#Breaking #Pilpres 2024
Bagikan
Bagikan