Jokowi Tunggu Berkas Amnesti Baiq Nuril di Mejanya Baiq Nuril dijerat dengan UU ITE dan diputuskan bersalah oleh MA (Foto: kabarlombok.com)

MerahPutih.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah mempersilakan terpidana kasus ITE Baiq Nuril secepatnya mengajukan amnesti atas putusan kasasi Mahkamah Agung (MA) yang menjatuhkan vonis 6 bulan bui. Namun, diakuinya sampai saat ini permohonan amensti itu belum diterimanya.

"Belum sampai meja saya," kata Presiden Jokowi, ketika ditanya wartawan, usai membuka pameran Karya Kreatif Indonesia 2019 di Jakarta Convention Center (JCC) , Jumat (12/7).

BACA JUGA: Terus Mencari Keadilan, Baiq Nuril: Saya Tak Akan Menyerah

Jokowi berjanji jika sudah masuk ke mejanya, ia akan menyelesaikan secepatnya. "Kalau nanti sudah masuk meja saya, ada rekomendasi-rekomendasi dari kementerian atau lembaga terkait, saya putuskan secepatnya, akan saya selesaikan secepatnya," kata dia, dikutip Antara.

Jokowi
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (ANT/Desca Lidya Natalia)

Kepala Negara menegaskan sudah mempersilakan Baiq Nuril untuk mengajukan amnesti (pengampunan) kepada Presiden pascapenolakan Peninjauan Kembali (PK) yang diajukan ke Mahkamah Agung. "Boleh (mengajukan amnesti), secepatnya," ujar Jokowi.

BACA JUGA: Tak Mau Buru-Buru Eksekusi Baiq Nuril, Kejagung Tunggu Aspirasi Masyarakat

Baiq Nuril adalah seorang staf tata usaha (TU) di SMAN 7 Mataram, Nusa Tenggara Barat, yang berdasarkan putusan kasasi Mahkamah Agung (MA) divonis 6 bulan penjara dan denda Rp500 juta lantaran dianggap melanggar Pasal 27 ayat (1) Undang-Undang tentang Informasi dan Transaksi Elektronik karena menyebarkan percakapan asusila kepala sekolah SMU 7 Mataram Haji Muslim. Perbuatan Baiq dinilai membuat keluarga besar Haji Muslim malu.

Saat Baiq mengajukan permohonan Peninjauan Kembali (PK) ke MA dengan Nomor 83 PK/Pid.Sus/2019, tetapi PK itu juga ditolak. Dengan ditolaknya permohonan PK itu, maka putusan kasasi MA yang menghukum perempuan itu dinyatakan tetap berlaku. (*)


Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH