Jokowi Tinjau Proyek Tol Pekanbaru-Padang Seksi Bangkinang

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Rabu, 19 Mei 2021
Jokowi Tinjau Proyek Tol Pekanbaru-Padang Seksi Bangkinang
Presiden Jokowi didampingi Seskab Pramono Anung meninjau Ruas Tol Pekanbaru-Padang Seksi Pekanbaru-Bangkinang, Rabu (19/05/2021) pagi. (Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr)

MerahPutih.com - Presiden Joko Widodo meninjau pembangunan Tol Pekanbaru – Bangkinang, yang berlokasi di Kabupaten Kampar. Jalan tol sepanjang 40 kilometer ini merupakan salah satu seksi dari ruas Tol Pekanbaru – Padang, yang termasuk ke dalam jaringan Tol Trans Sumatra.

"Ini berada di sirip Pekanbaru – Bangkinang dan nanti ke arah Padang. Sudah berjalan kurang lebih 40 kilometer, dan kita harapkan progresnya makin hari makin panjang,” ujar Presiden usai peninjauan, Rabu (19/5).

Baca Juga:

Pertamina Pastikan Pasokan BBM di Sepanjang Tol Sumatera

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit mengatakan, pengerjaan fisik proyek Tol Pekanbaru-Bangkinang akan menyerap 5.800 tenaga kerja dalam Program Padat Karya.

Tol ruas Pekanbaru-Bangkinang dirancang banyak melibatkan sub-kontraktor, sebagian besar adalah sub-kontraktor lokal serta dengan pola program padat karya.

Selain melibatkan sub kontraktor lokal, kata dia, suksesnya proyek ini karena dukungan bupati terkait pengadaan tanah. Pada tahun 2021 ada tiga ruas Tol Trans-Sumatra yang akan selesai.

"Kalau backbone-nya tetap ditargetkan tuntas 2024. Tergantung anggaran pembiayaannya," ujarnya seperti dikutip dari tayangan virtual Sekretariat Presiden, Biro Pers Media dan Informasi 2021, 19 Mei 2021.

Proses pembebasan lahan yang diperlukan untuk pembangunan jalan tol seksi ini telah mencapai 60,70 persen, sementara untuk proses konstruksi sendiri telah mencapai 65,60 persen. Pembangunan ini ditargetkan selesai pada Desember 2021.

Tol Sumatera. (Foto: Kementerian PUPR)
Tol Sumatera. (Foto: Kementerian PUPR)

Setelah tol ini, ruas tol Tebing Tinggi-Pematang Siantar, seksi Kuala Tanjung-Pematang Siantar sepanjang 96,5 km. Ketiga, ruas tol Bengkulu-Taba Penajung yaitu seksi Kota Bengkulu-Taba Penanjung, Kabupaten Bengkulu Tengah sepanjang 17,6 km.

Proyek tol ruas Pekanbaru-Bangkinang merupakan seksi 6 dari trase proyek jalan tol Padang—Pekanbaru sepanjang 254,80 km yang terdiri atas 6 seksi yaitu Seksi 1 Padang—Sicincin (36,15 km), Seksi 2 Sicincin—Bukittinggi (38 km), Seksi 3 Bukittinggi—Payakumbuh (34 km), Seksi 4 Payakumbuh—Pangkalan (58 km), Seksi 5 Pangkalan—Bangkinang (56 km), dan Seksi 6 Bangkinang—Pekanbaru (40 km).

Jalan Tol Trans Sumatera sudah beroperasi sepanjang sepanjang 467,6 km. Ruas yang sudah operasional tersebut yakni Bakauheni – Terbanggi Besar 141 km, Terbanggi Besar - Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 189 km, Palembang – Indralaya 22 km, Medan – Binjai 10,46 km, Medan – Kualanamu – Tebing Tinggi 62,2 km dan Belawan - Medan - Tanjung Morawa 43 km. (Knu)

Baca Juga:

Kurangi Beban Negara, Jokowi Ingin Alternatif Pendanaan Proyek Tol

#Pembangunan Jalan Tol #Tol Sumatera #Tarif Jalan Tol #Jokowi #Infrastruktur
Bagikan
Bagikan