Jokowi tidak Perlu Ragu Rombak Kabinet Presiden Jokowi. Foto: ANTARA

MerahPutih.com - Presiden Jokowi memberikan ancaman untuk reshuffle kabinet karena tidak puas dengan kinerja para anak buahnya terutama dalam penanganan COVID-19 di Indonesia.

Pengamat politik Wempy Hadir menilai Jokowi seharusnya lebih berani untuk melakukan perombakan kabinet Indonesia Maju di tengah situasi yang sulit ini.

Baca Juga

Mensesneg Minta Isu Reshuffle Dihentikan, Pengamat: Aneh dan Membingungkan

Dia perlu mempertimbangkan untuk mengganti para menteri yang lelet kerjanya dengan rating approval yang rendah seperti hasil survei dari beberapa lembaga survei.

"Periode yang terakhir ini, Jokowi tidak boleh ragu dalam mengambil keputusan penting untuk keselamatan warga negara," jelas Wempy.

Sementara itu, Dedi Kurnia Syah memprediksi menteri-menteri yang akan didepak dari kabinet yakni Menteri Sosial, Menteri Tenaga Kerja, Menteri Kelautan dan Perikanan, Menteri Agama, Menteri Perdagangan dan Menteri Perindustrian.

Jokowi
Presiden Jokowi. Foto: ANTARA

Sementara kinerja menteri yang dianggap cukup baik dan berpotensj dipertahankan seperti Mendagri, Menpar, Menristek, MenPUPR dan Menlu.

Beberapa kementerian lain rasanya belum terlihat benar baik buruknya, bisa saja diberi kesempatan hingga terlihat benar aktifitasnya.

"Asumsi ini mendasar pada hasil survei IPO periode 8-25 Juni lalu," jelad Dedi.

Dedi mengaku yakin Presiden Jokowi akan tetap merombak kabinetnya dalam waktu dekat. Sasarannya terutama menteri-menteri yang tidak memiliki dukungan partai politik.

Supaya aman, sang menteri tentu harus bekerja lebih ekstra lagi mengemukakan prestasinya, setidak-tidaknya bisa mendapat dukungan publik.

Baca Juga

Menteri Mulai Kerja Cepat, Reshuffle Dinilai Sudah Tidak Relevan

"Tokoh potensial di-reshuffle bisa dari dua unsur, mereka yang tidak berafiliasi parpol, dan tokoh senior dari parpol yang kerap membikin kegaduhan, sekaligus minim kinerja positif," ujar pengajar di Universitas Telkom ini. (Knu)



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH