Jokowi Tiba di Tokyo Jepang

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Rabu, 27 Juli 2022
Jokowi Tiba di Tokyo Jepang
Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Jokowi tiba di Bandar Udara Haneda, Tokyo, Jepang pada Rabu (27/7/2022) dini hari. (ANTARA/Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)

MerahPutih.com - Setelah menempuh penerbangan selama tiga jam dari Beijing, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo beserta rombongan tiba di Bandar Udara Haneda, Tokyo, Jepang, Rabu (27/7) dini hari.

Pesawat Garuda Indonesia GIA-1 yang membawa Presiden dan rombongan mendarat pada pukul 00.30 Waktu Setempat (WS). Presiden dan Ibu Iriana kemudian menuju hotel tempatnya menginap di Tokyo dan melanjutkan kunjungan kerjanya di pagi hari ini.

Baca Juga:

Bertemu Xi Jinping, Jokowi Sampaikan Undangan KTT G20

Jokowi disambut Wakil Menteri Luar Negeri Jepang Miyake Shingo, Dubes Jepang untuk RI Kanasugi Kenji dan Ibu Kanasugi Yasuko, Dubes RI Tokyo Heri Akhmadi dan Atase Pertahanan KBRI Tokyo Kolonel Andi Nur Abadi dan Dirjen/Asisten Menteri untuk Urusan Asia Tenggara dan Asia Barat Daya Kementerian Luar Negeri Jepang Kano Takehiro.

Sebelum ke Jepang, Jokowi bertemu dengan Perdana Menteri Republik Rakyat Tiongkok (Premier) Li Keqiang dan Presiden Xi Jinping, secara terpisah, di Beijing, Tiongkok, Selasa (26/7).

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan akses pasar jadi bahan yang diperjuangkan Presiden Jokowi terutama untuk produk CPO dan turunannya, buah tropis Indonesia, akses pasar bagi 22 spesies ikan, pembaruan protokol untuk mengakomodasi produk turunan burung walet dan porang, serta meminta dilakukan peninjauan kembali kebijakan antidumping terhadap stainless steel Indonesia.

Di bidang perdagangan, tren perdagangan Indonesia saat ini terus meningkat dan sudah mencapai USD 120 miliar, sementara defisit perdagangan Indonesia menunjukkan penurunan. Pada tahun 2018, Indonesia mengalami defisit sebesar minus USD 18,4 miliar, sementara di 2021, defisit tersisa minus USD 2,44 miliar. (Knu)

Baca Juga:

Selepas dari Tiongkok, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Bertolak ke Jepang

#Breaking #Jokowi #Jepang
Bagikan
Bagikan