Jokowi Terima Surat Mundur Mensos Idrus Sejak Pukul 10.30

Wisnu CiptoWisnu Cipto - Jumat, 24 Agustus 2018
Jokowi Terima Surat Mundur Mensos Idrus Sejak Pukul 10.30
Menteri Sosial Idrus Marham (kiri) dan istrinya, Ridho Ekasari. (Foto Setkab)

MerahPutih.com - Menteri Sosial Idrus Marham mengumumkan dirinya mundur dari kabinet. Politikus Golkar itu telah mengirimkan surat resmi pengunduran diri ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini.

"Saya juga mundur dari kepengurusan Partai Golkar," kata Idrus, saat menggelar jumpa pers singkat wartawan di Istana Presiden, setelah jam Salat Jumat (24/8).

Kepada wartawan, Idrus menjelaskan pengunduran dirinya sebagai Mensos dan keanggotaan Golkar karena terkait dugaan keterlibatan dirinya dalam kasus Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Riau-1 di Provinsi Riau.

"Pada hari ini, tadi saya menghadap Bapak Presiden pukul 10.30 WIB. Saya lakukan ini setelah kemarin saya mendapatkan surat pemberitahuan tentang penyidikan saya terkait kasus yang dilakukan oleh Enny dan Koco. Berdasarkan surat itu, saya mengambil langkah, maka itu saya menghadap Presiden untuk mengajukan surat pengunduran diri sebagai bentuk pertanggungjawaban moral saya," tutur politikus Golkar itu.

Eni Saragih
Eni Saragih (berjaket oranye) tersangka kasus korupsi PLTU Riau-1 yang dicokok KPK di Rumah Dinas Mensos Idrus Marham saat digiring ke Gedung KPK, Jakarta (Foto: MP/Ponco Sulaksono)

Diberitakan sebelumnya, kedatangan Idrus Marham ke Istana Presiden memicu spekulasi dirinya berencana mundur dari kabinet. Ketika dikonfirmasi wartawan kebenarannya, politikus Golkar itu tidak membantah ataupun mengiyakan.

"Kalau iya kenapa, kalau enggak kenapa, hahahaha," kata Idrus Marham, menjawab pertanyaan wartawan ketika keluar dari komplek Istana Presiden melalui pintu tamu menuju komplek Kementerian Sekretaris Negara Jakarta, Jumat. "Nanti saja saya jelaskan," imbuh dia lagi, dikutip Antara.

Selanjutnya Idrus pun meninggalkan komplek Kementerian Sekretaris Negara dengan menumpang mobil dengan nomor polisi B-1372-RFO. Dalam kesempatan itu Mensos turut didampingi Politisi Golkar yang juga Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin.

Pria yang kerap tampil bersorban itu pun tidak membantah ataupun mengiyakan ketika dikonfirmasi wartawan terkait isu pengunduran diri Mensos. Ngabalin hanya meminta bantu doa agar ada jalan terbaik bagi koleganya itu di Golkar. "Bantu doa, bantu doa ya," ujar dia singkat menjawab media. (*)

#Mensos Mundur #Idrus Marham #Korupsi PLTU Riau #Kabinet Jokowi-JK
Bagikan
Ditulis Oleh

Wisnu Cipto

Bagikan