Jokowi Teken Surat Undangan Kim Jong Un dan Presiden Korsel ke Indonesia Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in. Foto:Grafis MP

MerahPutih.com - Pemerintah Indonesia resmi mengundang Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae In dan pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un untuk hadir dalam pesta olahraga Asian Games XVIII Tahun 2018, yang digelar di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus-2 September 2018.

Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung menjelaskan surat untuk mengundang Presiden Korea Selatan dan pemimpin Korea Utara telah ditandatangani Presiden Joko Widodo (Jokowi). Nanti, akan ditunjuk salah seorang menteri senior untuk menyampaikan undangan secara langsung, baik ke Utara maupun ke Selatan.

jokowi
Presiden Joko Widodo (tengah) berbincang dengan Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Kim Chang Beom (kiri) dan Duta Besar Korea Utara untuk Indonesia An Kwang Il seusai pertemuan di Istana Merdeka

Menurut Seskab, undangan kepada kedua pemimpin Korea itu dilakukan proses reunifikasi dan sekarang ini utara dan selatan sudah bersepakat mereka akan menjadi satu kontingen, dan ini sangat baik di dalam forum Asian Games mereka bisa bersama-sama.

“Ini menjadi etalase dunia bahwa Asian Games Indonesia kalau memang ini bisa dilakukan itu menjadi Asian Games mempersatukan perdamaian dunia, dan ini dampaknya baik sekali,” kata Pramono, dilansir dari laman resmi Setkab, Rabu (18/7)

Mengenai menteri senior yang akan ditugaskan mengirimkan undangan kepada kedua pemimpin Korea itu, Seskab menyampaikan bisa Menteri Luar Negeri (Menlu), bisa juga Menteri Koordinator (Menko).

jokowi dubes korea

Presiden Joko Widodo (tengah) bersama Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Kim Chang Beom (kiri) dan Duta Besar Korea Utara untuk Indonesia An Kwang Il membawa maskot Asian Games XVIII seusai melakukan pertemuan di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (30/4). Presiden Joko Widodo mengapresiasi pertemuan antara Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dengan Presiden Korea Utara Kim Jong-Un yang berdampak baik bagi perdamaian di kawasan semenanjung Korea. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Terkait masalah keamanan, Seskab menjelaskan, sesuai hasil laporan dan juga rapat terbatas terakhir mengani Asian Games, baik Panglima TNI muapun Kapolri maupun Kepala BIN, pelaksanaan untuk Asian Games termasuk kemanan ini sudah sangat siap.

Sekarang ini tinggal penyelesaian infrastruktur di beberapa tempat, terutama bukan di dalam stadionnya sendiri, tapi di luar, misalnya pedestrian dan sebagainya. “Mudah-mudahan tanggal 22 Juli ini bisa diselesaikan,” tandas Pramono. (*)


Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH