Jokowi Tegaskan Tak Ada Masalah dengan Putin Presiden Jokowi dan Presiden Rusia Vladimir Putin (@RusEmbJakarta)

MerahPutih.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengklarifikasi ungkapan "Propaganda Rusia" yang disampaikan beberapa waktu lalu bukan untuk mendiskreditkan negara Rusia.

"Ya ini kita tidak berbicara mengenai negara ya," kata Presiden, kepada media sebagaimana dilansir dari Antara, di Jakarta, semalam.

Jokowi menjelaskan ungkapan Propaganda Rusia itu adalah terminologi dari artikel lembaga konsultasi politik Amerika Serikat, Rand Corporation, pada 2016.

Menurut dia, Propaganda Rusia yang dimaksud adalah teknik "firehose of falsehood" atau selang pemadam kebakaran atas kekeliruan yang dimunculkan lembaga konsultasi politik Amerika Serikat Rand Corporation, lewat penyebaran berita hoaks dan fitnah.

Kepala Negara juga menjelaskan hubungan bilateral Indonesia dan Rusia tidak terganggu atas pernyataan itu. "Saya dengan Presiden Putin sangat-sangat baik hubungannya," tandas Jokowi.

Presiden Rusia Vladimir Putin

Sebelumnya, akun twitter resmi Kedubes Rusia di Indonesia, @RusEmbJakarta, menyebutkan istilah “Propaganda Rusia” direkayasa pada 2016 di Amerika Serikat dalam rangka kampanye pemilu presiden.

Pemerintah Rusia memastikan istilah itu sama sekali tidak berdasarkan pada realitas. Mereka juga menegaskan posisinya untuk tidak campur tangan pada urusan dalam negeri dan proses elektoral di negara asing, termasuk Indonesia. (*)



Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH